ArtikelPilihan

Xian, Destinasi Wisata Muslim Menarik Liburan di China

Moslem Journey – People Rebulic of China atau dalam terjemahan bahasa Indonesia Republik Rakyat Tiongkok atau RRT, biasa kita sebut dengan negara China. China merupakan salah satu negara maju dan menjadi negara terbesar seperti Rusia, Kanada dan Amerika. Meskipun luas, seluruh China berada dalam satu zona waktu.

China juga dikenal sebagai “Kerajaan Bunga” dan banyak buah-buahan (seperti buah jeruk dan bunga anggrek) yang sekarang dapat tumbuh di seluruh dunia. Negara penemu kertas dan kompas ini memiliki beberapa rekomendasi kota yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya adalah Xi’an. Xi’an adalah ibu kota dari propinsi Shaanxi. Kota Xi’an merupakan pusat budaya, industri, dan pendidikan dengan berbagai fasilitas pengembangan dan penelitian untuk ilmu pengetahuan, militer dan program antariksa.

Untuk wisatawan muslim, Xi’an merupakan destinasi menarik saat liburan ke China. Terdapat Etnis Hui yang merupakan komunitas muslim terbesar di China. Untuk pergi ke Xi’an, tersedia transportasi langsung dari Beijing dengan naik bullet train.

Berikut di bawah ini travelling ke Xi’an China:

  1. Penginapan di Xi’an

Nama PenginapanTarif per Malam Mulai
Jinjiang Inn Xi’an JianguomenNo.5 Huancheng Road (E), Lintong Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710048Rp 430 ribuan
Ibis Xi’An Heping Gate59 Heping Road, Bei Lin District, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710001Rp 534 ribuan
Skytel32 South Main Street, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710001Rp 541 ribuan
Bell Tower Youth HostelNo.1 North Street, Beilin District, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, ChinaRp 605 ribuan
HNA Downtown Xian258 Dongxin Street, Xincheng District, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710004Rp 627 ribuan
Ramada Xian Bell Tower Hotel79 North Street, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 71003Rp 644 ribuan
Bell Tower Hotel XianNo. 110, Nan Da Jie, Beilin District, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710001Rp 820 ribuan
Citadines Xingqing Palace Xi’anNo.159 Xingqing Road,Beilin District, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710049Rp 844 ribuan
Aurum International Hotel30 Nan Xin Street, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710004Rp 878 ribuan
Mercure on Renmin Square Xian319 Dongxin Street, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710004Rp 908 ribuan
Days Hotel And Suites XinxingNo.189 Jinhua North Road, Weiyang Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710032Rp 928 ribuan
Jianguo Hotel Xi AnNo 2 Hu Zhu Road, Beilin District, Weiyang Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710048Rp 947 ribuan
Vienna International Hotel Xi’an Dayan TowerNo.609 Xiying Road, Yanta District, Yanta, Yanta Qu, Xi’an, Shaanxi, ChinaRp 960 ribuan

2. Makanan Halal

Di Muslim Quarter kamu bisa menemukan makanan halal. Macam-macam makanan berat dan ringan yang halal ada di Muslim Quarter. Terletak tidak jauh dari Bell Tower dan Drum Tower. Muslim Quarter terdapat sate kambing dengan tusuk besar yang menjadi favorit. Selain itu, berbagai macam seafood seperti udang, cumi dan kepiting disajikan dalam porsi besar, bisa dimakan ramai-ramai dengan harga yang terjangkau.

Selain makanan jenis laut, berbagai jenis mie, kue-kuepun bisa kamu temukan. Sehingga kamu tidak perlu pusing mencari ke tempat lain dan dijamin, pasti ketagihan.

Baca juga: Daftar Informasi Restoran Halal di Jepang

3. Masjid Agung Xi’an

Xi’an menjadi kota pertama yang dimasuki Islam di China. Xi’an memiliki populasi muslim sekitar 100 ribu jiwa. Kota Xi’an memiliki 24 masjid yang tersebar di wilayah tersebut. salah satunya Masjid Raya Xi’an, beralamat di Huajue Xiang 30, Xi’an, Shaanxi. Masjid ini merupakan ikon kota Xi’an yang dibilang mirip dengan kauman bahkan mirip Masjid Ampel di Surabaya. Karena terdapat pedagang souvenir, kuliner halal serta pakaian yang memenuhi lapak menuju masjid seperti di Sunan Ampel.  

Beberapa pedagang juga tampak berbahasa melayu, sehingga memudahkan orang Indonesia untuk tawar menawar. Masjid buka setiap hari mulai pukul 08:00. Biaya masuk ke masjid ini adalah CNY12 ( sekitar 16 ribu).

4. Transportasi

Masuk Melalui Kereta

Terdapat dua stasion kereta api utama di Xian. Pertama adalah stasion kereta api Xian dan Stasion Utara Kereta Api Xian.

Stasion Kereta Api Xian

Terletak di jantung kota, merupakan salah satu stasion yang sibuk.Jika Anda menggunakan kereta kecepatan sedang seperti T,K,Z akan melewati stasion ini. Di sini juga dekat dengan stasion bus jika Anda ingin melanjutkan perjalanan dengan bus.

Stasion Kereta Api Xian Utara

Terletak di jalur 2 subway kota Xian, di sini merupakan stasion yang menggunakan kereta cepat. Jalur-jalur populer seperti Beijing-Xian, Zhengzhou-Xian melalui stasion ini.

Pesawat

Xian Xiangyang International Airport

Bagi warga negara Indonesia, salah satu penerbangan regional Air Asia memiliki rute yang mendarat di airport ini. Rute domestik juga lengkap, hingga rute internasional dari Hong Kong, Taipei, Singapore juga mendarat di sini. Airport ini 43km dari pusat kota Xian, terdapat shuttle bus yang menuju Xian. Gunakan Shuttle Bus ke Stasion Kereta Api Xian sebelum menggunakan taxi.

Berkeliling di Xian

Menuju Daerah Muslim

Turun di stasion MRT Bell Tower, jalan di belakang Menara Bel

Menuju Menara Bel

Turun di stasion MRT Bell Tower

Menuju Museum Pasukan dan Kuda Terakotta

Naek bus turis nomer 5 (306)ari alunalun timur Stasion Xian atau bus nomer 307 dari gerbang selatan Tang Paradise, turun di stasion Bing Ma Yong ( Museum Qin Pasukan dan Kuda Terakotta)

Menuju Museum Han Yang Ling

MRT: Naik dengan jalur 2 dan turun di stasion perpustakaan kota, turun di exit D lalu naik bus 4 untuk mencapai museum

Menuju Pagoda Angsa Liar

Naek MRT jalur nomer 2 di stasion Xiaozhai exit C dan jalan ke timur selama 10 menit

Menuju Tembok Kota Tua Xian

Turun di stasion MRT Yongning

Demikian Ulasan Travelling di Kota Xi’an. Sobat Mojou ada yang berniat pergi ke Xi’an? atau bahkan sudah pernah? Yuk, berbagi pengalaman kamu disini. Semoga Bermanfaat.(cm)



Comment here