ArtikelJournal

Visa, Pelengkap Sebelum Travelling

Moslem journey.com—Ternyata ada satu lagi dokumen penting yang harus kamu bawa saat memutuskan untuk pergi ke luar negeri lho, Sobat Mojou. Jika kamu belum membaca tentang paspor, kamu bisa langsung membaca artikel lengkapnya disini ya! Pernah nggak, ketika kamu sedang membaca artikel atau menonton seseorang yang ingin pergi keluar negeri, ia menyebutkan visa sebagai salah satu syaratnya sebelum datang ke negara tersebut? Lalu apa bedanya dengan paspor?

Menurut UU Republik Indonesia No. 6 Tahun 2011 pasal 1 no. 18 Tentang Keimigrasian, Visa Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Visa adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat yang berwenang di Perwakilan Republik Indonesia atau di tempat lain yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang memuat persetujuan bagi Orang Asing untuk melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia dan menjadi dasar untuk pemberian Izin Tinggal. 

Sementara paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang berwenang dari suatu Negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar Negara selama jangka waktu tertentu.

 

Baca Juga : Kelebihan E-Paspor Dibandingkan Paspor Non Elektronik Biasa

Singkatnya, visa adalah dokumen tertulis yang harus kamu miliki sebelum memasuki negara yang tidak memiliki kebijakan bebas visa untuk warga negara Indonesia. Soalnya memang nggak semua negara memberi hak bebas visa ini, Sobat Mojou. Nah, berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara, jika ingin membuat visa maka kamu harus mendatangi kantor kedutaan besar atau konsulat jenderal negara yang kamu tuju.

Baca Juga : Mau Keluar Negeri? Sudah Buat Paspor Belum?

 



Bentuk sendiri juga berbeda. Kamu mendapatkan paspor dalam bentuk buku, sementara visa berbentuk stempel yang didapatkan dari kantor kedutaan besar atau konsulat jenderal negara yang kemudian ditempel di paspor. Maka dari itu, kamu perlu membuat paspor dulu sebelum mengajukan visa.

Jenis visa juga beragam seperti paspor. Pada paspor kita mengenal macam – macamnya seperti paspor dinas, paspor biasa dan paspor haji. Nah, untuk visa sendiri ada visa wisata, visa bisnis, visa kunjungan keluarga dan lainnya. Tentunya visa yang akan kamu pakai harus sesuai dengan tujuanmu ya, Sobat Mojou! Nah, setelah mengerti perbedaan paspor dan visa, jangan lupa untuk selalu mengecek negara destinasi kalian ya, apakah hanya membutuhkan paspor atau harus menggunakan visa juga. Selamat liburan! (ans)

Comment here