JournalLifestyle

Usia Anak Yang Tepat Saat Orang Tua Ingin Mengajaknya Traveling

usia yang tepat

Moslem Journey – Saat ingin melakukan traveling, terkadang orang tua akan meninggalkan atau menitipkan anaknya kepada sanak saudara terdekat mereka. Hal tersebut dilakukan karena anak tersebut dianggap masih memiliki usia yang belum tepat di ajak untuk traveling.

Namun ternyata, orang tua dapat mengajak anaknya melakukan traveling sejak berusia di bawah 1 tahun. Bahkan, di usia tersebut, orang tua tidak perlu lagi memikirkan beberapa hal penting dan mau untuk menerima kesibukan saat melakukan traveling.

Melansir Kompas, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, psikolog anak dan keluarga Klinik Terpadu UI Depok mengambarkan bahwa anak berusia lebih dari 2 bulan adalah usia yang tepat untuk orang tua mengajak anak melakukan traveling.

Menurut Anna, di usia tersebut, kondisi buah hati akan cenderung lebih stabil dibandingkan di bulan-bulan sebelumnya. Sebab, anak tersebut sudah memiliki mengenal orang tuanya dan sudah mulai terbiasa melakukan dengan melakukan kegiatan harian bersama dengan orang tua.

Meskipun demikian, Anna berpendapat bawah di usia tersebut anak masih belum terlalu merespon dan tertarik dengan lingkungan sekitarnya hingga dia mendekati usia 1 tahun. Dia masih tertarik dengan orang tuanya saja atau sesuatu yang betul-betul dekat dengan drinya.

Semakin bertambahnya usia yang dimiliki anak yang mencapai hingga usia 1 tahun, anak akan semakin tertarik dengan dengan hal-hal yang terjadi di sekelilingnya. Sehingga, menurut Anna, di usia tersebut akan menjadi usia yang tepat mengajak anak untuk traveling.

Selain faktor anak, saat ingin mengajak anak traveling orang tua juga perlu mempertimbangkan beberapa hal yang perlu disiapkan. Salah satunya ialah kesiapan orang tua menerima kesibukan dalam beberapa hal yang nantinya akan diterima saat traveling membawa anak.

Secara pribadi, Anna berpendapat bahwa mengajak anak di bawah usia enam bulan untuk traveling juga merupakan hal yang mengasyikkan sebab orang tua tidak perlu memikirkan banyak hal. Seperti tidak perlu memikirkn makanan atau minuman yang diberikan pada ada karena di usia tersebut anak hanya memerlukan ASI.

Namun, Anna mengingatkan untuk para orang tua yang ingin mengajak anaknya traveling, untuk memiliki batasan tertentu. Misalnya memiliki basatan jarak dan waktu melakukan perjalanan, jangan terlalu jauh serta durasi yang tidak terlalu panjang.

Selain itu, Anna juga mengingatkan kepada orang tua, selama melakukan perjalann dengan anak mereka jangan lupa untuk sering-sering beristirahat. Mengingat, orang akan mengendong anak selama perjalanan serta membaw barang bawaan.

Peringatan Untuk Orang Tua!!!

Jangan sekali-kali memaksa atau berpikir untuk mengajak anak travelig saat mereka masih berumur di bawah 40 hari, sebab akan berakibat fatal pada kesehatan anak. Saat umur tersebut, kekebalan ubuh anakan masih belumlah sempurna serta daya tahannya masih sangat rendah.

Comment here