BeritaNasional

Usai Peristiwa Pilot Pingsan, Kemenhub Minta Para Kru Pesawat Cek Kesehatan

moslemjourney.com— Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti memberi perintah untuk seluruh operator penerbangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi pilot, kru kabin dan teknisi sesuai dengan CASR 121.535 untuk memberikan pelayanan penerbangan yang lebih baik lagi. “Sebelum terbang, operator penerbangan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pilot,crew kabin dan teknisi yang bertugas.

Ini sangat penting, agar keselamatan dan keamanan penumpang selama dalam penerbangan terjamin,” ujarnya seperti yang dilansir dari merdeka.com .  Polana juga mengungkapkan apresiasinya pada kru – kru pesawat yang sigap menangani peristiwa tak terduga selama terbang di atas udara. Peristiwa yang dimaksud adalah pilot yang pingsan selama mengendarai pesawat di atas udara.

Baca Juga : Tips-Tips Di Bawah Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Tidur Di Pesawat

Pesawat dengan nomor penerbangan ID-6548 ini terbang dari bandara Soekarno Hatta pada pukul 09.12 WIB pada Minggu (17/11/2019) dan dijadwalkan mendarat di bandara El Tari di Kupang pada pukul 12.40 WITA . Sebelum menurunkan ketinggian, Pilot In Command (PIC) dalam hal ini adalah pilot itu sendiri tiba-tiba merasakan gangguan pada badannya yakni kepalanya yang terasa berat hingga konsetrasinya pecah.

Para kru lalu memberikan pertolongan pertama pilot. Sementara itu penerbangan diambil kopilot (first officer) dan memberikan instruksi akan mendarat secara darurat. Beruntung, pesawat yang membawa 148 penumpang itu akhirnya bisa mendarat dengan selamat. Setelah pesawat berhenti di landas parkir (apron), pilot yang sakit tersebut langsung mendapatkan pertolongan dan langsung dibawa ke rumah sakit.

Menurut Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Batik Air, menyatakan jika para awak kopilot ( polit dan kopilot ) sudah dilatih untuk menerbangkan pesawat sendiri sesuai dengan buku manual. Pesawat akhirnya mendarat pada pukul 12.46 WITA . (ans)

Baca Juga : Norwegia Melakukan Uji Coba Pesawat Listrik

Comment here