BeritaNasional

Untuk Calon Jemaah Umrah, Siap-Siap Keluarkan Biaya Lebih Dari Sebelumnya

Calon Jemaah Umrah

Moslem Journey – Untuk calon jemaah umroh yang ingin melaksanakannya, sepertinya perlu siap-siap keluarkan biaya lebih dari sebelumnya. Sebab, Pemerintah Arab Saudi kemungkinan akan menerapkan skema new normal dengan protokol kesehatan yang ketat saat berangkat umrah tahun 1441 Hijriah.

Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji (SAPUHI) Syam Resfiadi mengatakan, penerapan skema new normal dengan protokol kesehatan yang ketat di tengah-tengah pandemi virus corona dapat berdampak pada kenaikkan harga umroh yang bisa saja terjadi hingga 40 persen.

“Kalau memang dibuka dengan prosedur new normal yang ketat tentunya kemungkinan umroh dapat berjalan kembali, namun biaya paket yang harus dibayarkan akan naik sekitar 25-40 persen dari harga normal,” kata Syam yang dilansir dari Detik.com, Minggu (19/7).

Syam menjelaskan, jika umrah dilaksanakan saat new normal di tengah-tengah pandemi virus corona akan ada berbagai aturan yang harus dibatasi kapasitasnya mulai dari bus hingga kamar hotel. Sehingga dibutuhkan biaya tambahan untuk menanggung beban yang di terima.

Menurut Syam, aturan-aturan kapasitas seperti bus yang di isi setengah dari jumlah total kursi sudah memiliki beban yang mahal. Selain itu, Pemerintah Arab Saudi menaikkan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 25 persen yang awalnya hanya 15 persen.

Dengan keadaan tersebut, kemungkinan akan adanya kenaikkan harga saat calon jemaah berangkat umrah 1441 Hijriah. Pihaknya menyerahkan kepada semua calon jemaah umrah jika ingin menunda atau membatalkan keberangkatan.

“Kalau mereka yang kelas bawah pasti mereka lebih baik menunda sampai kondisi kondusif atau mereka sudah mempunyai daya beli yang kuat. Kalau nggak mau mereka bisa juga membatalkan karena itu hak mereka,” kata Syam.

Comment here