ArtikelJournalTransportasi

Unik! Transportasi Umum Ini Cuma Ada di Asia

Moslemjourney.com – Transportasi umum adalah kendaran untuk memindahkan orang-orang dari suatu tempat ke tempat lain. Tujuannya untuk memudahkan akses perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan. Setiap negara memiliki bermacam-macam transportasi umum seperti di Indonesia terdapat Transjakarta, angkutan umum (angkot) dan MRT. Selain itu, ada juga transportasi yang unik di Indonesia seperti andong, becak atau gerobak.

Di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat, transportasi yang unik bisa menjadi daya tarik wisatawan. Selain cara mengendarainya, biasanya bentuk transportasi tersebut juga unik. Membuat seseorang penasaran bagaimana rasanya menaiki transportasi umum yang unik. Lalu bagaimana transportasi umum yang unik di negara lain? di bawah ini ulasan transportasi umum unik di 5 negara Asia.

1. Jeepney & Tricyle, Filipina

Jeepney merupakan transportasi umum di Filipina bekas kendaraan perang dunia II. Jeepney bisa dibilang mirip dengan oplet jika di Indonesia. Di Filipina Jeepney kembali digunakan dengan sentuhan modifikasi warna-warna yang ngejreng serta hiasan aksesoris. Menggunakan transportasi Jeepney juga terjangkau, kamu hanya cukup membayar 8 peso atau 3.000 rupiah saja.

Selain itu, di Filipina juga terdapat transportasi umum Tricycle, jika di Indonesia kendaraan ini mirip dengan bentor atau becak motor. Tricycle adalah kendaraan seperti becak yang dimodifikasi dengan sebuah motor. Tricycle ini digunakan untuk melewati jalan atau gang-gang sempit yang tidak bisa diakses oleh kendaraan roda 4 seperti Jeepney ataupun Bus besar. Sementara Untuk harganya sendiri tidak ada patokan tertentu, kita tinggal tawar menawar saja dengan si pengemudi.

2. Tuktuk, Thailand

Tuk – tuk adalah transportasi umum unik di Thailand. Beroda tiga, tanpa jendela mirip becak yang ada di Jakarta. Kendaraan ini dapat diisi 2-3 orang. Tuk tuk, di Bangkok punya warna bervariasi. Ada merah, hijau, kuning, biru, ungu dan oranye. Orang lokal menyebut tuk tuk karena ‘sam lor’ (roda tiga). Moda transportasi ini merupakan cara favorit berkeliling Bangkok sebelum hadirnya BTS, MRT dan taksi. Tarifnya sesuai dengan jarak perjalanan jauh atau dekatnya.

Baca juga: Tips Mengemas Pakaian dan Memilih Koper

3. Jinriksha, Jepang

Jinriksha tidak jauh beda dengan becaknya Indonesia. Jinriksha berasal dari kata Jin artinya manusia, Riki artinya kekuatan dan Sha artinya kendaraan. Berasal dari kata tersebut tidak heran jika kendaraan ini ditarik oleh manusia. Biaya naik Jinrikisha ini berbeda-beda, tergantung durasi perjalanannya. Penarik Jinrikisha sudah menyediakan paket perjalanan yang bisa kamu pilih. normalnya 12 – 15 menit perjalanan sekitar 3,000 – 6,000 yen. 

4. Becak, Indonesia

Becak adalah transportasi di Indonesia yang memiliki roda 3, becak bisa dinaiki 2 penumpang, Becak akan jalan jika di gayuh dari belakang. becak bisa berjalan dengan diayuh oleh pengemudi. di tengah kemajuan teknologi yang pesat, persebaran becak di Indonesia saat mulai langka. namun, dengan menggunakan becak kamu bisa mengurangi polusi udara.

Di Jakarta, saat ini sudah tidak ada becak, karena dianggap menimbulkan kemacetalalu lintas, alasan lain adalah becak menampilkan “eksploitasi manusia atas manusia”. becak saat ini hanya ada di daerah Jawa dan kota-kota yang tidak padat penduduknya.

jalan2.com

5. Kereta api bambu, Kamboja

Di Kamboja masih ada loh kereta tradisional sebagai alat transportasi yang digunakan masyarakat sehari-hari. Kereta yang terbuat dari kayu dpaat menempuh perjalanan dengan waktu tempuh 40 km per jam, dan salah satu moda efisien, dan murah untuk traveling keliling dunia. Transportasi yang unik ini biasa disebuk Nori. Bisa memuat 10-15 penumpang. Kamu bisa menaiki kereta ini sambil menikamati pemandangan yang indah.

Demikian ulasan tranportasi umum yang unik di 5 negara Asia. Sobat Mojou sudah pernah merasakan sensasi saat menaiki kendaraan diatas? (cm).

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Comments (1)

Comment here