JournalPenginapan

Unik, Penghuni Gedung Burj Khalifa Dubai Bisa Berbuka Puasa di Tiga Waktu Berbeda

Gedung Burj Khalifa Dubai

Moslem Journey Gedung Burj Khalifa, Dubai – Uni Emirat Arab dikenal dengan keunikanya yang dapat membuat para penghuninya berbuka puasa di tiga waktu yang berbeda. Perbedaan waktu atau jangka waktu berbuka yang terjadi di gedung ini disebabkan karena tinggi yang dimiliki gedung Burj Khalifa.

Gedung Burj Khalifa diketahui memiliki ketinggian 828 meter yang terdiri dari 163 lantai, selain itu gedung ini menjadi gedung pencakar langit pertama di dunia. Sehingga, gedung Burj Khalifa memiliki perbedaan waktu atau jangka waktu beberapa menit yang dibagi menjadi tiga zona dari lantai dasar hingga puncak gedung.

Menurut Kepala Lembaga Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, semakin tinggi jaraknya dari permukaan tanah, ufuk matahari yang terlihat oleh manusia akan terlihat berbeda-beda. Semakin tinggi, keberadaan ufuk akan terlihat semakin rendah.

Sehingga akan ada perbedaan atau pertambahan satu menit waktu Maghrib setiap naik/berada 100 meter di gedung Burj Khalifa. Begitu juga dengan waktu sahur, semakin tinggi keberadaan seseorang maka semakin cepat pula sahurnya. Hal ini juga disebabkan karena matahari akan terlihat terbit lebih awal di lantai yang lebih tinggi.

Bisa dikatakan, semakin tinggi keberadaan seseorang di gedung atau lantai Burj Khalifa, semakin panjang waktu puasanya dan semakin cepat waktu sahurnya. Berikut ini ialah perbedaan yang terjadi di gedung Burj Khalifa, Dubai berdasarkan zona lantai.

  • Zona pertama (lantai dasar hingga 80), memiliki durasi puasa yang sama dengan durasi puasa pada umumnya di wilayah Dubai.
  • Zona kedua (lantai 81 hingga 150), memiliki durasi puasa yang bertambah dua menit dari durasi puasa pada umumnya di wilayah Dubai dan menunda salat Maghrib dan Isya dari jadwal umumnya.
  • Zona ketiga (lantai 151 hingga atas), durasi puasa di lantai gedung ini bertambah tiga atau enam menit dari durasi waktu puasa di zona waktu kedua gedung ini, begitu juga dengan salat Maghrib dan Isya.

Comments (1)

Comment here