BeritaNasional

Trafik Penerbangan Pesawat Halim Dan Soetta Alami Penurunan Hingga 29 Persen Saat PSBB

Trafik Penerbangan Pesawat

Moslem Journey – Trafik penerbangan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Dan Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang alami penurunan hingga 29 persen saat kebijakan PSBB diterapkan di DKI Jakarta. Penurunan trafik penerbangan pesawat di dua bandara tersebut terjadi pada 10 dan 11 April 2020.

Menurut catatan PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator bandara Halim dan Soetta, sejak Jakarta menerapkan PSBB pada 10 April, trafik penerbangan di bandara Soetta mengalami penurunan sebesar 3,24 persen atau hanya 328 penerbangan dibanding hari sebelumnya.

Sedangkan pada 11 April, trafik penerbangan pesawat di bandara Soetta semakin menurun menjadi 253 penerbangan atau turun 22,86 persen dari jumlah penerbangan sebelumnya pada 10 April.

Menurut Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, penurunan jumlah penerbangan di bandara Soetta yang dilakukan secara mendadak menandakan masyarakat mematuhi peraturan kebijakan PSBB yang diterapkan di DKI Jakarta.

“Bandara Soekarno-Hatta mengalami jumlah penerbangan dengan load factor pesawat yang diperkirakan tidak lebih dari 50 persen bersamaan dengan PSBB yang dipatuhi oleh warga Jakarta,” ujar Awaluddin dalam keterangan resminya yang dilansir dari Kata Data, Selasa (14/4).

Awaluddin menyatakan, penerbangan saat ini lebih banyak melayani penerbangan dengan rute dalam negeri, sedangkan untuk rute luar negeri memiliki jumlah penerbangan yang sangat minim. Mengingat saat ini, bukan hanya di Indonesia saja yang sedang mengalami penyebaran virus corona namun juga di seluruh dunia.

Sama halnya dengan bandara Soetta, bandara Halim juga mengalami penurunan jumlah penerbangan. Pada 10 April. Menurut catatan Angkasa Pura, bandara Halim hanya melakukan 75 penerbangan atau turun sebesar 20,21 persen dari hari sebelumnya.

Sementara itu pada 11 April, bandara Halim juga mengalami penurunan penerbangan yang hanya melayani 53 penerbangan atau turun 9,33 persen dari hari sebelumnya pada 10 April.

Di sisi lain, operasional penerbangan jasa pengiriman masih terbilang banyak yang menggunakan. Menurut Awaluddin, penerbangan jasa pengiriman dibutuhkan untuk mengangkut alat-alat medis dan berbagai bantuan untuk tenaga medis atau korban penyebaran virus corona.

Saat ini Angkasa Pura II menerapkan status Minimum Operation di bandara Soetta dan Halim. Artinya kedua bandara tersebut sedang melakukan penyesuaian pola operasional dengan optimalisasi fasilitas sesuai dengan lalu lintas pesawat dn penumpang pesawat.

Status ini membuat para pekerja operasional di bandara dapat melakukan work from home/WFH (kerja dari rumah), sehingga para pekerja tersebut dapat mengurangi risiko terpapar dengan virus corona.

Selain itu, Angkasa Pura juga mengimbau kepada para penumpang atau pengunjung bandara untuk menggunakan masker saat berada di dalam maupun di luar bandara. Hal ini dilakukan sejalan dengan arahan dari pemerintah agar menggunakan masker kain saat beraktvitas di luar rumah.

Comment here