JournalTips

Topan Hagibis Terjadi di Jepang, Ada Solusi Untuk Menghadapinya

moslemjourney.com— Baru – baru ini, topan Hagibis melanda Jepang dari Sabtu ( 12 / 10 / 2019 ) sampai Minggu ( 13 / 10 / 2019 ). Topan ini menimbulkan korban mulai dari yang luka – luka hingga korban jiwa. Topan ini juga pernah muncul pada tahun 1958 dan menewaskan lebih dari 1.200  jiwa. Tahu nggak, topan Hagibis diambil dari bahasa Tagalog, Filipina yang memiliki arti kekuatan dan kecepatan. Selain itu, nama Hagibis juga mirip dengan band dari negara yang sama lho! Ada juga topan Jebi yang pernah melanda tahun 2018 kemarin. Selain membuat infrastruktur rusak dan kendaraan yang saling bertubrukan satu sama lain, ribuan orang juga terlantar di bandara. 

Nah, nggak mau kan liburanmu jadi kacau? Ada beberapa solusi nih, untuk antipasi bagaimana menghadapi topan yang akan datang. yang diambil langsung dari situs JITCO yakni lembaga pemerintahan yang memberikan pelatihan pada warga asing di Jepang. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Mencari Informasi

Ketika sampai di Jepang, jangan lupa untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Apalagi negara sakura yang kerap kali dilanda topan, kalian bisa mencari informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di negara ini. Cari juga tempat evakuasi terdekat dari tempatmu menginap sehingga memudahkan ketika keadaan mengharuskanmu untuk datang kesana.

  1. Hati – Hati Di Bawah Tanah

Kalian harus mewaspadai tempat itu, terutama ketika sering bepergian dengan kereta bawah tanah atau memiliki mobil dan memarkirkan mobilmu di bawah tanah. Selalu ada kemungkinan banjir akan datang di bawah tanah. 

Baca Juga : 4 Transportasi Umum Yang Akan Kamu Temui Jepang

  1. Waspada Pada Sekelilingmu

Perhatikan jika kamu memiliki barang yang mudah tertiup angin. Jika badai sudah mendekat, segera singkirkan barang – barang tersebut dan tutup jendela dan pintumu. 

  1. Persiapkan kebutuhan 

Ketika sudah mengetahui topan akan melanda wilayah tempatmu berada, persiapkan bahan makanan. Setidaknya ada makanan yang bisa dikonsumsi saat topan berlangsung.

  1. Jangan Gunakan Lift dan Eskalator

Peraturan yang wajib diikuti, tak tertutup bagi topan saja. Namun juga bencana alam lainnya. Listrik yang mati dikhawatirkan menambahkan ketakutan bagi penggunanya. (ans)

Baca Juga : Daftar Informasi Restoran Halal di Jepang

Comment here