JournalTips

Tips Tinggalkan Rumah Saat Travelling Yang Lama

moslemjourney.com – Saat melakukan travelling dengan waktu yang sebentar atau lama, entah itu saat tanggal merah atau libur hari raya, sobat Mojou pasti akan memiliki pemikiran atau perasaan was-was pada rumah yang ingin kalian tinggal. Perasaan was-was tersebut sangatlah sedikit menggangu kesenangan yang ingin kita dapatkan saat travelling.

Untuk mengatasi hal tersebut, moslemjourney.com ingin memberikan beberapa tips penting yang bisa sobat Mojou lakukan saat ingin meninggalkan rumah untuk travelling. Supaya menghindari pemikiran atau perasaan was-was dan meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan sobat Mojou.

1. Kunci Rumah Dan Jendela

Hal utama yang paling penting saat meninggalkan rumah adalah kunci semua pintu dan jendela yang ada di rumah. Jangan sampai sobat Mojou lupa untuk menguncinya, bila perlu tambahkan kunci atau pengaman tambahan pada beberapa tempat yang menjadi incaran pencuri, seperti lemari, kamar tidur dan pintu bagian belakang.

Selain itu, jangan lupa tinggalkan kunci motor, mobil, lemari rumah, dan hindari kebiasaan meletakkan kunci cadangan di beberapa tempat yang mungkin diketahui orang. Pada pintu bagian depan, usahakan untuk tidak menggunakan gembok yang mencolok, supaya tidak menarik perhatian penjahat. karena pintu yang terlihat di gembok menandakan rumah dalam keadaan kosong

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harus Melakukan Travelling di Usia 20-an

2. Matikan/Cabut Listrik Dan Gas

Mencabut listrik dan gas saat sobat Mojou meninggalkan rumah, untuk menghindari resiko kebakaran akibat naiknya daya yang disebabkan oleh konsleting listrik. Matikan semua perangkat listrik yang tidak diperlukan, seperti televisi, wifi, kipas angin, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mencabut kabel atau penghubung listrik dari stop kontak. Cabut juga selang regulator dari tabung gas dan kompor untuk menghindari kebakaran yang disebabkan kebocoran gas.

3. Simpan Berang Berharga Di Tempat Yang Aman

Jika sobat Mojou memiliki banyak barang-barang berharga yang disimpan dalam lemari, seperti surat-surat penting, uang, dan perhiasan. Sobat Mojou bisa sembunyikan di tempat aman atau di dalam kotak brankas. Jika sobat Mojou menginginkan keamanan yang lebih, kalian bisa memanfaatkan layanan penitipan barang yang disediakan oleh Bank atau Pegadaian terdekat. Sedangkan untuk kendaraan, sobat Mojou bisa titipkan pada lahan milik kerabat atau tetangga yang memiliki lahan lebih. Bila perlu kunci ganda kendaraan sobat Mojou.

4. Pasang Lampu Otomatis

Hal yang sangat menarik perhatian penjahat untuk melakukan pencurian di rumah sobat Mojou, ialah lampu yang terus menerus menyala. Supaya menghindari hal tersebut, sobat Mojou bisa memasang lampu otomatis yang telah dilengkapi rangkaian elektronik yang mampu mendeteksi cahaya terang dan gelap. Sehingga lampu tersebut bisa menyala sendiri pada malam hari dan mati saat siang hari. Pasanglah di lampu jalan raya, terutama pada rumah bagian depan dan teras.

5. Titip Rumah Ke Tetangga/RT/Security

Saat sobat Mojou ingin travelling jangan lupa menitipkan rumah sobat Mojou pada orang yang bisa dipercayai, seperti tetangga, kerabat terdekat, dan security setempat. Mintalah sesekali untuk melihat dan sedikit membersihkan halaman rumah yang berdebu. Jangan lupa untuk berpamitan kepada ketua RT/RW, beritahu nomor pribadi yang bisa dihubungi apabila terjadi hal-hal darurat. BIla perlu pasang kamera pengaman (CCTV) dan alarm di beberapa titik rawan kejahatan seperti halaman, ruang tamu dan kamar.

Baca juga: 5 Tips Penting Untuk Pemula Yang Baru Pertama Solo Travelling

6. Matikan Saluran Air

Sebelum pergi, sobat Mojou jangan lupa untuk memastikan saluran air dan kran air mati tidak mengalir air. Bagi sobat Mojou yang menggunakan air berbayar, supaya menghindari tagihan yang membengkak dan juga menghindari terjadinya kebocoran. Selain itu memastikan air mati, supaya air tidak terbuang dengan sia-sia.

Bagaimana sobat Mojou, sudah tahukan tips aman meninggalkan rumah saat travelling. Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin menjadi pengundang penjahat atau hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan bisa selalu aman.

(IF)

Comment here