AdvertorialJournalTips

Tips Tetap Liburan Menyenangkan Untuk Kalian Yang Memilik Penyakit Autoimun

moslemjourney.com – Tahukah Sobat Mojou, bagi orang-orang yang memiliki penyakit autoimun atau kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang meyerang tubuh sendiri. Yang artinya untuk kalian yang memiliki penyakit ini harus ekstra hati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah contohnya adalah lupus, hemofilia bahkan diabetes tipe 1.

Meski demikian, bagi kalian yang memiliki penyakit autoimun tetap bisa melakukan liburan sesuai keinginan dan seperti orang biasa pada umumnya. Untuk tetap bisa liburan, orang yang memiliki penyakit autoimun harus menerapkan pola hidup yang baik supaya tidak khawatir apabila penyakit kambuh di tengah-tengah perjalanan.

Nah, bagi Sobat Mojou yang memiliki penyakit autoimun yuk terapkan 5 tips berikut ini supaya liburanmu tetap berjalan sesuai dengan keinginan dan menyenangkan.

  1. Kosultasi Dengan Dokter Spesialis Sebelum Berangkat

Sebelum memutuskan untuk pergi liburan, bagi Sobat Mojou yang memiliki penyakit autoimun, sepertinya perlu berkonsultasi pada dokter spesialis penyakit yang diderita atau dokter pribadi. Mintalah nasihat terbaik agar penyakit autoimun tidak kambuh saat liburan. Dengan nasihat tersebut, Sobat Mojou bisa mempersiapkan kemungkinan terburuk dan mencegahnya semaksimal mungkin.

Baca juga: 5 Wisata Unik Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

  1. Membawa Obat Pribadi

Membawa obat-obatan pribadi saat liburan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Jangan sampai Sobat Mojou melupakan obat-obatan tersebut, bawa dan simpan semua obat-obatan tersebut di dalam kotak obat dengan rapi dan sesuai fungsinya. Karena Sobat Mojou tidak tahu kapan penyakit autoimun tersebut akan kambuh. Obat pribadi tersebut tergantung jenis penyakit yang diderita, gejala yang dirasakan, dan tingkat keparahannya. Seperti untuk mengatasi nyeri, Sobat Mojou bisa mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen.

Sobat Mojou jyga bisa menggunkan beberapa obat penekan sistem kekebalan tubuh, seperti kortikosteroid (contohnya dexamethasone), digunakan untuk membantu menghambat perkembangan penyakit dan memelihara fungsi organ tubuh. Obat jenis anti TNF, seperti infliximab, dapat mencegah peradangan yang diakibatkan penyakit autoimun rheumatoid arthritis dan psoriasis. Namun akan lebih baik, Sobat Mojou bertanya kepada dokter yang lebih mnegrti penyakit Sobat Mojou.

  1. Simpan Obat Pribadi Di Tempat Terjangkau

Saat melakukan liburan, alangkah baiknya untuk memisahkan sebagian obat dan jangan disimpan semuanya dalam koper. Simpan sebagian obat-obatan tersebut yang disimpan di kotak obat dalam tas kecil, supaya saat Sobat Mojou merasa penyakitnya kambuh  tentu Sobat Mojou bisa langsung meminum obat yang diperlukan.

Baca juga: Kini, Liburan ke Hongkong Lebih Hemat dengan Tips Ini

Pilih Transportas Yang Nyaman

Transportasi merupakan hal yang penting dalam melakukan liburan, maka pilihlah jenis transportasi yang menurut Sobat Mojou nyaman. Meskipun memerlukan biaya yang mahal, asalkan saat melakukan perjalan ke lokasi liburan Sobat Mojou tetap merasa nyaman. Karena memilih transportasi yang nyaman adalah untuk kebaikan Sobat Mojou sendiri.

  1. Penuhi Gizi Dengan Makanan Sehat

Meskipun dalam keadaan liburan, Sobat Mojou jangan sampai lupa untuk mengomsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi untuk menjaga kesehatan. Memang banyak makanan khas di tempat liburan Sobat Mojou kunjungi terlihat menggiurkan, namun jangan sampai lupa juga untuk menjaga kesehatan. Tentu saja Sobat Mojou tidak mau kan kalau penyakit autoimunnya kambuh saat sedang menikmati liburan.

Yuk terapkan 5 tips di atas, supaya liburan Sobat Mojou tidak terganggu dengan penyakit autoimun yang dimiliki. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk diberikan kesehatan dan umur yang panjang. Dan selamat bersenang-senang ya Sobat Mojou ke tempat yang diinginkan.

(IF)

Comment here