Tips

Tips Menukar Uang Rupiah Sebelum Ke Luar Negeri

sumber: pasardana.id

Moslemjourney.com – Bagi Sobat Mojou yang berniat jalan-jalan ke luar negeri dan ingin menukar uang dari rupiah ke mata uang negara tujuan pasti sering bingung bukan ingin menukar dimana? Tentu jawabannya di money changer.

Namun terkadang beberapa money changer memiliki selisih harga penukaran uang terlalu tinggi. Sehingga membuat kita merasa rugi. Oleh karena itu, masih banyak juga warga yang memilih menukar di luar negeri.

Untuk itu, untuk mempermudah Sobat Mojou dalam menukar uang, berikut tips untuk menukar uang.

1. Tukar Uang di Dalam Negeri

Lebih baik, jika Sobat Mojou ingin ke luar negeri, tukar uang di dalam negeri saja. Namun, jika terpaksa harus menukar uang di luar negeri utamakan menukar uang di ATM. Karena beberapa bank dengan jaringan internasional memungkinkan untuk menarik uang dari ATM walau uang Sobat Mojou rupiah sekalipun.

2. Pilih Money Changer yang Berizin

Pastikan Sobat Mojou menukar di money changer yang berizin agar selisih jual-beli tidak terlalu tinggi. Sebab, biasanya money changer yang berizin menawrkan nilai tukar tertinggi. Selain itu, money changer yang tidak berizin sangat riskan penipuan.

Namun, apabila tidak menemukan money changer Sobat Mojou bisa menukar di Bank atau Bandara. Sayangnya, nilai tukar di bank biasanya lebih rendah daripada money changer. Selain itu bank memiliki syarat untuk menukar uang seperti meminta KTP atau bahkan NPWP.

Disarankan juga Sobat Mojou memilih Bandara sebagai opsi terakhir menukar uang, karena nilai tukarnya lebih rendah. Bahkan kabarnya, jika menukar uang di bandara Sobat Mojou bisa kehilangan hingga 20% nilai uang.

3. Bandingkan Dengan Tempat Lain

Untuk mendapatkan harga yang paling bagus, ada baiknya Sobat Mojou melakukan riset dengan membandingkan antara nilai tukar di satu tempat dengan tempat lainnya. Contohnya sebelum menukar Rupiah di Bank, perhatikan kurs jual dan kurs beli yang biasanya ditampilkan di dinding.

Setiap Bank, Money Changer, dan tempat penukaran uang lain biasanya memiliki tingkat kurs yang berbeda-beda, itu sebabnya Sobat Mojou harus memilah dan membandingkan agar mendapatkan nilai tukar yang tinggi.

4. Perhatikan Waktu Penukaran

Tiap waktu, kurs mata uang akan terus berubah. Misalnya kurs hari ini pasti berbeda dengan kurs kemarin. Maka dari itu, Sobat Mojou harus mengetahui dinamika pasar uang agar tidak terlalu rugi. Sebab, selisih 100 rupiah saja bisa berdampak besar, lho.

*Artikel ini bersumber dari Baca selengkapnya www.seputarforex.com

RDA

Comment here