ArtikelBeritaRekomendasiTips

Tips Cegah Ular Masuk Rumah

Sobat Mojou, belum lama ini warga di daerah Citayam, Bogor digegerkan dengan peristiwa teror ular kobra. Dikabarkan sekitar puluhan anak ular kobra ditemukan di sekitar pemukiman. Ditemukannya puluhan anak ular kobra sangat meresahkan warga, sebab anak ular kobra disebut lebih mematikan.

Dinas pemadam kebakaran setempat dan komunitas reptil pun ikut menyisir pemukiman guna membersihkan area pemukiman dari anak ular kobra yang meresahkan. Sayangnya, dari hasil penyisiran yang dilakukan induk ular masih belum juga ditemukan. Nah, bagi Sobat Mojou yang tidak ingin peristiwa tersebut terjadi di rumah, berikut adalah tips untuk mengantisipasi ular kobra masuk rumah.

1. Jaga Kebersihan

Sobat Mojou masih ingat pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang rantai makanan? Dalam pelajaran disebutkan kalau ular memakan tikus. Tikus biasanya hidup di tempat yang cenderung kotor dan bau. Mungkin saja, ular kobra akan mencari makanan ke tempat yang dipenuhi oleh tikus. Jadi, agar rumah tidak menjadi sarang tikus maka Sobat Mojou harus selalu jaga kebersihan rumah, ya.

2. Siram Saluran Air dengan Karbol

Ular memiliki indera penciuman yang cukup baik. Bau-bauan yang menyengat seperti karbol dapat menyebabkan ular mabuk. Selain karbol, Sobat Mojou dapat menggunakan parfum atau aromaterapi dengan wangi yang menyengat. Ketika ular sudah mabuk, Sobat Mojou bisa menangkapnya dan membawanya pergi jauh dari rumah.

3. Tutup Saluran Air

Ular kobra adalah reptil yang dapat beradaptasi dengan lingkungan lebih cepat dibanding ular lain. Bahkan, kobra mampu berkembang biak di pemukiman ramai. Ular kobra juga amat menyukai tempat yang lembab seperti saluran air, genteng atau tanah. Jadi, untuk mengantisipasi kedatangan ular kobra, Sobat Mojou bisa menutup saluran air dengan kawat halus agar ular tidak masuk ke rumah.

4. Pelihara Kucing

Sobat Mojou senang memelihara kucing? Sangatlah bagus. Hewan kesayangan Rasulullah SAW itu dipercaya dapat mencegah ular masuk ke rumah. Kucing disebut memiliki insting yang kuat serta dapat mengidentifikasi suatu pergerakan yang mencurigakan. Terlebih, kucing memiliki cakar yang tajam sebagai senjatanya dan memiliki pergerakkan yang tangkas.

Sobat Mojou yang ingin mengantisipasi kehadiran ular kobra, bisa menggunakan tips-tips di atas. Namun pada dasarnya, kehadiran ular kobra di lingkungan perumahan adalah indikasi habitat aslinya yang telah rusak. Walau begitu, tetap waspada ya.

Comment here