JournalTips

Tips Aman Dari BMKG, Saat Angin Puting Beliung Terjadi

moslemjourney.com – Fenomena alam berupa angin puting beliung bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun. Seperti yang di alami di sejumlah daerah Bogor, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu. Karena untuk saat ini, Indonesia sedang berada di peralihan musim panas ke musim hujan yang membuat tingkat perubahan cuaca menjadi cukup ekstrim dan tidak menentu.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena angin puting beliung biasanya akan didahului hujan lebat yang disertai kilat dan petir. Angin puting beliung akan sering terjadi pada musim pancaroba, baik pada musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Durasi angin puting beliung terbilang singkat dan tidak berlangsung lama.

Baca juga: Benarkah Musim Hujan Akan Berada Di Bulan Berakhiran Kata “-ber”?

BMKG memberikan penjelasan tentang tanda-tanda akan terjadinya angin puting beliung dapat diketahui melalui beragam kondisi. Seperti satu hari sebelum terjadi angin puting beliung, udara pada malam hari hingga pagi hari akan terasa panas dan gerah. Selain itu, udara terasa panas dan gerah yang terasa oleh manusia akan memiliki perbedaan suhu udara pada pukul 10.00 WIB dan 07.00 WIB.

Selanjutnya, apabila dalam 1-3 hari berturut-turut tidak turun hujan pada masa musim transisi, pancaroba, atau penghujan, maka ada indikasi potensi akan terjadinya hujan lebat yang pertama kali serta diikuti angin kencang. Baik masuk dalam kategori angin puting beliung maupun yang tidak.

Hary Tirto Djatmiko selaku Kepala Bagian Humas BMKG memberikan tips saat terjadinya fenomena alam, angin puting beliung. Masyarakat diminta untuk berlindung diri dengan cara merapatkan tubuh ke dinding bangunan yang kokoh dan tidak disarankan untuk berlindung di dalam mobil. Karena mobil tersebut dapat terkena dampak dari angin puting beliung.

Baca juga: Hal-Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Saat Musim Hujan

Kemudian perhatikan sekeliling lingkungan dan jauhi bagunan nonpermanen maupun semipermanen seperti atap rumah yang sudah rapuh serta kontruksi seperti papan reklame dan baliho. Supaya terhidari dari puing-puing benda berat dari bangunan atau kontruksi.

Seperti itulah tips aman saat terjadi fenomena angin puting beliung, semoga tips ini berguna dan kalian selalu diberi keselamatan jika terjadi angin puting beliung. Dan perhatikan juga sekeliling kalian ya Sobat Mojou, karena untuk saat ini Indonesia sedang berada di musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Yang mungkin terjadi karena kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala.

(IF)

Comment here