JournalTips

Ternyata Virus Corona Dapat Melemah Dengan Hal-Hal Ini

Ilustrasi Virus Corona Dapat Melemah - Moslem Journey

Moslem Journey – Virus corona dapat melemah apabila kita mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan mengantisipasi penularan dengan keadaan di sekitar. Mengingat virus corona untuk saat ini masih menjadi virus berbahaya yang sudah menular ke banyak orang di seluruh dunia dan sudah memakan korban jutaan orang.

Hal tersebut dapat terjadi karena virus corona dapat menular dengan mudah melalui tetesan/cairan yang keluar dari mulut saat bersin (droplet) maupun sentuhan. Sehingga setiap orang diminta untuk berkontribusi mencegah penularan virus berbahaya tersebut untuk tidak mudah menular ke diri sendiri maupun orang lain.

Berikut ini hal-hal yang dapat melemahkan penyebaran virus corona (SARS-CoV-2), sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyebaran virus corona ke diri sendiri maupun orang lain.

1. Lemah Dengan Menggunakan Sabun yang Dibersihkan Air Mengalir

Saat penyebaran virus corona saat ini, World Health Organization (WHO) menyarankan untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir minimal 20 detik sebelum/sesudah beraktivitas.

Alasannya karena senyawa yang dikandung dalam sabun dapat menghancurkan tiga bagian yang ada pada virus corona. Berikut ini tiga bagian dalam virus yang dapat dihancurkan oleh senyawa pada sabun.

  • Asam Deoksiribonukleat (DNA)/Asam Ribonukleat (RNA) yang merupakan inti dari virus.
  • Senyawa Protein yang merupakan bahan baku virus untuk menggandakan diri.
  • Lapisan lemak menjadi pelindung luar pada virus.

Ketiga bagian tersebut tidak saling terikat kuat satu sama lain sehingga saat lapisan pelindung luar virus hancur karena senyawa sabun, virus corona dapat hancur dan hilang seketika.

2. Dapat Melemah Di Orang Berimunitas Kuat

Memiliki imunitas kuat atau antibodi tubuh yang sehat, sebenarnya dapat membuat  virus sulit untuk masuk dan menginfeksi pada tubuh. Dengan menjaga pola hidup sehat, seperti rajin olah raga dan rajin mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan dapat ,membuat sistem imun menjadi baik.

Kelemahan virus corona dengan memiliki imunitas kuat tersebut dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Australia. Penelitian tersebut membuat sejumlah eksperimen dengan pasien penyakit virus corona dan memantau kadar imunitasnya setiap hari.

Meskipun belum banyak penelitian yang sama, setidaknya penelitian yang dilakukan di Australia mengingatkan untuk terus menjaga hidup sehat dan daya tubuh supaya tidak mudah terkena virus atau berbagai penyakit.

3. Mudah Binasa Dengan Cairan Disinfektan

Berdasarkan hasil penelitian, virus corona dapat melemah hingga dihilangkan dengan cairan disinfektan. Cairan disinfektan tersebut dibuat dari campuran alkohol dengan kadar 60-70 persen, hidrogen peroksida 0,5 persen, atau sodium hipoklorit dengan kadar 0,1 persen yang campur selama satu menit.

Sehingga banyak pemerintah atau masyarakat yang melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di sudut kota hingga di properti pribadi dalam rumah. Selain itu, disinfektan juga disarankan untuk membersihkan beberapa barang atau peralatan yang digunakan sehari-hari supaya terhindar dari penyebaran virus corona.

 4. Mudah Lemah Dalam Suhu Panas

Pada virus corona yang menyebabkan SARS diduga juga mulai melemah pada suhu panas dan kelembaban tinggi. Hal ini juga seperti data yang diterbitkan oleh WHO yang menyatakan bahwa virus corona penyebab SARS dapat terbunuh pada suhu 56 celsius derajat.

5. Mulai Tidak Bertahan Lama Di Permukaan

Seiring berjalannya dengan waktu, virus corona tidak lagi cukup kuat untuk isa menimbulkan infeksi. Sehingga saat ini WHO dan Kementerian Kesehatan RI tidak lagi melarang aktivitas pengiriman paket antarnegara karena risiko penularan sangat rendah. Sebelumnya, virus corona dapat bertahan beberapa jam atau hari di permukaan benda.

Comment here