ArtikelHistoryPilihan

Ternyata Penemu Benua Amerika Seorang Muslim

moslemjourney – Tahukah kalian sobat Mojou bahwa sebenarnya benua Amerika sudah ditemukan jauh sebelum Christopher Colombus menginjakan kakinya di benua yang dikenal dengan benua merah.  Lalu jika bukan Christopher Colombus lalu siapa ?

Menilik dari salah satu bukti terkuat tentang sejarah penjelasan Amerika oleh Kaum Muslimin yang ditulis oleh sejarawan, Geografer dan penjelajah legendaris bernama Al Mas’udi (896-956) dalam kitabnya “Mirwaj Adh Dhahab” yang ditulis pada tahun 947 Masehi.

Dalam kitabnya itu mengisahkan tentang kisah seorang pelaut handal bernama Khashkhash bin Said. Ia merupakan seorang Admiral yang memiliki sejumlah awak kapal untuk melakukan penjelajahan ke samudera Atlantik yang kala itu bernama “Bahr Adz Dzulumat” (Laut Gelap).

Baca Juga : Maraknya Muslim Lifestyle Festival

Dijelaskan juga, setelah sebulan Khashkhash berlayar, mereka menemukan benua tak bernama dan membawa pulang emas dan perhiasan yang sangat banyak.

Selain itu, ada juga catatan yang berasal dari Cina kuno yang dikenal sebagai dokumen Sung. Dituliskan tentang perjalanan pelaut Muslim ke tanah yang dikenal sebagai Mu-Lan-Pi (Amerika).

Kemudian bukti-bukti lainnya yang tak terbantahkan ditemukan dalam surat-surat yang ditulis Colombus sendiri. Ia menyebutkan, pada 21 Oktober 1492 saat berlayar di sekitar Gibara, pesisir timur laut Kuba, ia menyaksikan sebuah masjid yang berdiri kokoh di atas gunung yang indah. Dan Colombus mengatakan bahwa ia juga menemukan reruntuhan menara masjid dengan tulisan ayat-ayat Al-quran di wilayah yang kini bernama Kuba, Meksiko, Texas, dan Nevada.

Baca Juga : Pohon Sahabi : Tempat Berteduh dan Saksi Kebesaran Nabi Muhammad Hingga Saat Ini.

Richard Brent Turner dalam buku “Islam in the African-American Experience” menjelaskan bahwa “Setidaknya, ada 484 nama desa, kota, gunung, danau, dan sungai di Amerika yang berakar dari Islam dan Arab”.

Ini yang menjadi menarik dan yang membedakan penjelajah muslim dengan bangsa kolonial, jika dilihat bangsa kolonial memiliki keinginan untuk menguasai daerah yang “ditemukannya”. Secara rakus, kolonial akan mengeksplorasi habis sumber alam yang ada. Serta memperbudak rakyat jajahannya. Namun sebaliknya penjelajah muslim datang dengan cahaya keberkahan, memberikan semangat perdamaian, menyetarakan satu sama lain dan membebaskan manusia dari kebodohan dan kegelapan.

Nah sekarang sobat Mojou sudah tahu kan siapa penemu benua Amerika sebenarnya ? coba tulis pendapat kalian tentang benua Amerika di kolom komentar ya. (ms)



Comment here