HistoryTahukah Kamu

Ternyata Orang Indonesia Pendiri Filipina Loh

moslemjourney.com –  Berbicara tentang negara tetangga Indonesia, bisa dikatakan beberapa negara tetangga memiliki kesamaan seperti negara Indonesia. Dan tahukah kalian sobat Mojou bahwa ternyata pendiri negara Filipina adalah putra bangsa Indonesia loh. Siapa yang tidak mengenal Filipina, negara yang merupakan negara kepulauan yang berbatasan dengan laut Sulawesi.

Negara Filipina yang mayoritasnya beragamakan Kristen, bahkan mencapai 91.38 % memiliki sejarah yang sangat dekat dengan Indonesia. Mengapa demikian, karena ternyat pendiri Filipina adalah Raja Sulaiman. Siapakah Raja Sulaiman ? Raja Sulaiman sendiri merupakan keturunan Minangkabau. Pada abad ke 16, wilayah Manila pernah diperintahkan oleh tiga pemimpin besar yaitu Raja Sulaeman, Raja Matanda dan Raja Lakandula. Ketiganya memimpin sebuah wilayah yang berbeda-beda, namun masih berada di dalam satu kawasan.

Foto : Boombastis.com

Kedatangan Raja Sulaiman di Filipina guna menyebarkan peradaban agama Islam, jauh sebelum datangnya koloni Spanyol pada dasarnya pemerintahan Islam sudah ada dan sangat berkembang pesat. Dilihat dari disertasi ‘Merantau : Pola Migrasi Suku Minangkabu’ tahun 1974 yang dilansir dari takaitu.com, Mochtar Naim menemukan jejak-jejak mengenai orang-orang Minang yang merantau ke Kepulauan Sulu, Filipina. Dimana salah satunya adalah jejak Raja Sulaiman dari Minangkabau yang ternyata merupakan pendiri kota Manila di Filipina.

Baca Juga : Ini Dia 7 Negeri Islam Terbesar dan Terpanjang Usianya

Dikutip dari republika.co.id yang menguatkan perihal penanaman Kota Manila berasal dari kata fi’ amanillah yang memiliki arti “di bawah lindungan Allah Subhanahu wa ta’ala”.

Setelah beberapa dekade berjaya, komunitas islam di Filipina mulai menyusut secara perlahan. Dikutip dari republika.co.id, ada sekitar 5,1 juta Muslim berdasarkan sensus 2010, atau 11 persen dari total keseluruhan populasi negara tersebut. Meskipun koloni Spanyol berhasil merebut kekuasaan Raja Sulaiman dan merubah secara besar-besaran wajah Filipina, peninggalan-peninggalan umat Islam pun masih berdiri kokoh di Filipina. Sebut saja bangunan Intramorus Walle City yang dibangun oleh Raja Sulaiman selaku pemimpin masyarakat Melayu dan pendiri Filipina.

Dan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya di masa lalu, tokoh Raja Sulaiman diabadikan dengan membangun sebuah patung yang terletak di Rizal Park, Manila.

Sangat jelas bahwasannya jejak peradaban Islam yang memang sudah menjamur di wilayah Asia Tenggara, sehingga Islam dapat menyebar dengan sangat cepat dan pesat ke berbagai negara. Termasuk negara Filipina sendiri, walaupun dengan demikian negara tersebut telah berganti rupa secara drastis, meskipun begitu  peninggalan kebesaran Islam di masa lalu masih bisa dilihat hingga saat ini dan menjadi sebuah bagian sejarah yang abadi.(ms)



0

Comment here