ArtikelJournalKuliner

Ternyata, Nggak Cuma Pecel Yang Pakai Saus Kacang!

Moslemjourney.com– Indonesia dikenal dengan beragamnya kuliner lokalnya. Mungkin kamu pernah menjumpai kuliner ini pada abang gerobak maupun mencobanya. Ada pecel, gado-gado dan karedok. Mungkin kamu belum menyadarinya, Sobat Mojou. Walau sama – sama disajikan dengan sayuran dan sambal kacang, ketiga makanan yang juga dikatakan orang – orang sebagai salad lokal ini juga memiliki perbedaannya sendiri lho, Sobat Mojou! Gimana cara membedakan 3 makanan ini ya? Ini dia ulasannya!

  1. Pecel

Pecel lebih dikenal di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Makanan yang menggunakan beragam sayuran seperti kacang panjang, tauge, mentimun, daun singkong dan daun kemanggi ini juga merupakan makanan lawas karena masuk di catatan Babad Tanah Jawi. Menurut catatan tersebut, pecel diceritakan berasal dari Yogyakarta. Dipecel sendiri memiliki arti daun – daunan yang direbus lalu dibuang airnya dengan diperas. 

Baca Juga : 5 kuliner Khas Kota Bandung Ini Sulit Untuk Dilupakan

  1. Karedok

Kuliner yang satu ini adalah kuliner khas Sunda. Sayuran yang dipakai mirip dengan pecel karena memakai kacang panjang, taoge, ketimun. Adapun tambahan seperti kemangi, daun beluntas dan mengkokan. Saus kacangnya sendiri juga sangat unik karena memakai sayuran segar yang tumbuh di wilayah Jawa Barat. “Karedok adalah makanan asli Sunda yg mencerminkan kedekatan hidup manusia dengan lingkungan di sekitarnya,” kata Prof. Dr. Murdijati Gardjito seorang Pemerhati Kuliner Indonesia, peneliti pangan UGM, dan penulis buku kuliner seperti yang dikutip dari kompas.id.

  1. Gado – Gado

Berbeda dari kedua makanan diatas, gado – gado adalah makanan yang tak hanya terkenal di Indonesia saja, Sobat Mojou. Namun juga di luar negeri! Sayuran yang bisa kamu temukan di kuliner ini adalah kubis, ketimun, dan tomat segar sementara untuk tauge, kentang dan telornya akan direbus. Untuk saus kacangnya sendiri dibuat menggunakan bahan – bahan yakni bumbu pecel yang dimasak bersama santan, daun salam, cuka, dan kecap. Makanya kalau Sobat Mojou mencoba kuliner ini, cita rasanya pasti unik banget kan? (ans)

Baca Juga : 4 Negara Dengan Destinasi Kuliner Halal, Sudah Coba?

 

0

Comment here