BeritaBerita Utama

Terdampak Banjir, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara

Moslemjourney.com – Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur ditutup sementara karena banjir pada (1/1). Penutupan bandara dilakukan karena terdapat genangan air di landasan pacu. Kasuspen TNI AU Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto mengatakan genangan air ditemukan saat pihaknya sedang mengadakan inspeksi di runway tadi pagi.

“Ditemukan genangan air setinggi 20 sampai 30 cm,” kata Fajar (1/1) seperti dilaporkan Kumparan.com.

Untuk itu, demi keselamatan penerbangan Bandara Halim pun ditutup sementara. Namun, Fajar belum dapat memastikan sampai kapan penutupan dilakukan mengingat kondisi hujan belum berhenti.

“Belum tahu karena ini kan dari hujan, hujannya juga belum berhenti,” tuturnya.

Akibat penutupan tersebut, Fajar mengungkapkan hingga kini ada 10 penerbangan dari Bandara Halim ditunda.

“Ada 10 penerbangan didelay, mungkin sampai nanti siang, sore, atau besok,” imbuhnya.

Untuk pesawat yang akan mendarat di Bandara Halim, dijadwalkan pesawat itu akan dialihkan. Ada dua lokasi pengalihan, yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kertajati.

“Yang mau datang dialihkan ke Soekarno-Hatta. Biasanya pilot ada dua pilihan, Bandara Soekarno-Hatta dan Kertajati,” pungkasnya.

Salah seorang penumpang pesawat Deni Umaya menuturkan kini ia masih tertahan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Rencananya ia akan naik pesawat Citilink rute Yogya-Jakarta. Menurutnya, seharusnya pesawat yang ia tumpangi lepas landas pada pukul 09.30 WIB.

“Katanya belum tahu bisa diberangkatkan jam berapa karena di sananya banjir. Kalau direfund bisa tapi dipotong 10 persen,” kata Deni.

Comment here