ArtikelJournalTips

Terbaru! Begini Cara Buat Paspor Anak 2019

moslemjourney.com – Demam travelling memang tengah melanda berbagai kalangan. Baik tua maupun muda. Orang tua yang gemar travelling juga enggak segan-segan buat ajak anak untuk travelling. Bahkan ke luar negeri sekalipun. Nah, untuk pergi ke luar negeri. Anak-anak juga tetap butuh paspor lho Sobat Mojou.

Jangan khawatir, proses bikin paspor di tahun 2019 itu semakin mudah Sobat Mojou. Caranya gimana sih? mudah banget, kamu bisa mendaftar antrean paspor melalui aplikasi layanan paspor di android, website resmi imigrasi, dan whatsApp.

Cara membuat paspor untuk anak tidak jauh berbeda dengan membuat paspor orang dewasa. Kategori anak adalah individu mulai dari umur 0-17 tahun (belum memiliki KTP). Untuk membuat paspor anak, Sobat Mojou harus menyiapkan langkah-langkah berikut ini:

Baca juga: Mau Keluar Negeri? Sudah Buat Paspor Belum?

Dokumen dan syarat untuk membuat paspor anak yang harus kamu lengkapi antara lain:

  1. Akta kelahiran anak atau surat keterangan baptis (asli & fotokopi)
  2. E-KTP kedua orang tua (asli & fotokopi)
  3. Kartu keluarga (asli & fotokopi)
  4. Buku nikah kedua orang tua
  5. Paspor kedua orang tua (fotokopi berwarna) jika ada
  6. Materai 6000
  7. Akta perceraian untuk orang tua yang telah bercerai dan surat penetapan hak asuh
  8. Surat kuasa bermaterai jika salah satu orang tua tidak bisa hadir

Syarat dokumen untuk anak berkewaganegaraan ganda:

  1. Paspor kedua orangtua
  2. E-KTP orangtua WNI
  3. KITAS orangtua WNA
  4. Kartu keluarga
  5. Buku/akta nikah orangtua
  6. Akta lahir anak
  7. Surat keterangan anak berkewarganegaraan ganda dari Dukcapil
  8. Sertifikat pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda dari imigrasi sesuai domisili

Syarat membuat paspor anak yang bepergian ke luar negeri seorang diri tanpa orangtua:

  1. E-KTP kedua orangtua atau surat keterangan pindah ke luar negeri
  2. E-KTP orang yang akan membawa anak ke luar negeri
  3. Paspor orang yang akan membawa anak ke luar negeri
  4. Akta perkawinan/buku nikah kedua orangtua
  5. Surat pernyataan bermaterai dari kedua orangtua yang isinya memberikan izin bagi anak untuk memperoleh paspor dan bepergian ke luar negeri bersama orang lain
  6. Surat pernyataan bermaterai dari orang yang akan membawa anak berisi pernyataan bertanggung jawab terhadap keberadaan anak dan paspor yang dimilikinya, keberangkatan, dan kepulangannya ke Indonesia

Sebagai catatan, dokumen di atas wajib di fotokopi di kertas A4. Fotokopi KTP depan belakang harus bolak-balik, besarnya setengah dari kertas A4. Untuk surat pernyataan, biasanya sudah disediakan di kantor imigrasi.

Setelah dokumen di atas sudah lengkap. Silahkan datang ke kantor imigrasi dengan membawa anak bersama orang tua untuk menandatangani surat permohonan pembuatan paspor. Setelah menyerahkan berkas, mengisi data, kemudian surat pernyataan. Jangan lupa untuk memakaikan anak baju berwarna selain putih, karena anak akan di foto dengan background putih dan juga ada sedikit wawancara untuk anak dengan pertanyaan mudah dan ramah yang harus dijawab orang tua atau anak. Untuk masalah pembayarannya kamu bisa tanyakan kepada petugas imigrasi.

Rincian pembayaran pembuatan paspor anak:

  1. Biaya paspor biasa 24 halaman untuk anak Rp155.000
  2. Biaya paspor biasa 48 halaman untuk anak Rp355.000
  3. Biaya paspor elektronik (e-passport) 24 halaman untuk anak Rp405.000
  4. Biaya paspor elektronik (e-passport) 48 halaman untuk anak Rp655.000

Jangan lupa untuk simpan bukti pembayaran. Pengerjaan paspor akan dilakukan kurang lebih selama 3 hari setelah kamu membayar. proses pengambilan paspor anak di kantor imigrasi. Sebagai syarat utama pengambilan, kamu harus membawa bukti pembayaran, kartu identitas dan lembar pengambilan paspor anak. jika diwakilkan anggota keluarga lain, harus membawa foto kopi kartu keluarga dan identitas pengambil yang sah. jika diambil oleh bukan anggota keluarga maka wajib membawa surat kuasa dan identitas pengambil yang sah disamping syarat utama pengambilan paspor pada penjelasan sebelumnya.

Demikian ulasan bagaimana pembuaatan paspor untuk anak. Jadi tetep bisa having fun tanpa ninggalin anak nih Sobat Mojou kalau anak udah dibuatin paspor. Yuk, segera buatkan anak paspor biar perjalanan jadi aman dan nyaman. Apalagi buat orang tua yang doyan travelling. Perlu banget tuh.(cm)



Comment here