ArtikelJournalTransportasi

Terbang Ke AS Hanya 8 Jam Dengan Pesawat Kelas Bisnis? Begini Sebenarnya Kelebihan Pesawat Kelas Bisnis

moslemjourney.com – Akhir-akhir ini, dunia entertaimen Indonesia sedang ramai membicarakan tentang perjalanan ke Amerika Serikat yang hanya membutuhkan waktu delapan jam menggunakan pesawat kelas bisnis. Bagi sobat Mojou yang pernah pergi ke Amerika Serikat menggunakan pesawat kelas bisnis pasti akan merasa kebingungan dengan penyataan tersebut.

Padahal dengan pesawat kelas apapun, untuk sampai ke Amerika Serikat akan membutuhkan waktu lebih dari 20 jam. Tidak ada pesawat yang membedakan waktu untuk sampai ke tempat tujuan, apalagi untuk terbang ke luar negeri. Meskipun berada di kelas yang berbeda, penumpang akan berada di satu pesawat yang sama dengan jam pemberangkatan yang sama.

Yang membedakan antara kelas ekonomi dan kelas bisnis pada di setiap pesawat berupa fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Berikut ini beberapa informasi perbedaan kelas ekonomi dan bisnis dalam pesawat yang perlu sobat Mojou ketahui.

1. Harga Tiket

Jenis tarif atau harga tiket pesawat kelas ekonomi dan kelas bisnis memiliki harga yang berbeda. Bagi penumpang yang memesan tiket kelas ekonomi, akan dikenakan biaya standar harga tiket pada umumnya. Sedangkan untuk tiket harga tiket kelas bisnis bisa mengeluarkan biaya sebesar dua/tiga kali lipat dari harga tiket kelas ekonomi.

Dalam perbedaan ini, penumpang akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang berbeda. Biasanya, penumpang yang memesan tiket kelas bisnis akan melihat jadwal penerbangan terbaik untuk dirinya. Sedangkan untuk penumpang pemesan tiket ekonomi akan melihat harga (ekonomis) tanpa memikirkan jadwal penerbangan atau maskapai.

2. Check-In Di Bandara

Bagi penumpang kelas bisnis, mereka  tidak perlu mengantri panjang dan lama untuk check-in karena sudah disediakan gerbang khusus untuk mereka. Setelah chek-in, penumpang tidak perlu menunggu di waiting room karena bisa ke lounge dan menikmati beberapa fasilitas. Saat ingin memasuki pesawat, penumpang akan didahulukan masuk/turun pesawat.

Baca juga: Cuma 48 detik! 10 rute Penerbangan Ini Singkat Banget

Sedangkan untuk penumpang yang memesan tiket kelas ekonomi harus sabar mengantri panjang dan lama untuk chek-in. Saat ingin menaiki pesawat, penumpang harus melebih dahulukan penumpang kelas bisnis. Mereka harus rela untuk naik/turun tangga, naik bus, atau jalan kaki dulu untuk ke lokasi tempat pesawat berada.

3. Layanan Lounge (Ruang Tunggu)

Perbedaan yang sangat signifikan dapat dilihat pada layanan lounge yang diterima oleh para penumpang. Bagi penumpang kelas bisnis, mereka akan mendapatkan banyak fasilitas bandara yang disediakan oleh maskapai penerbanga. Seperti kursi pijat, sofa, makanan/minuman, dan layanan lainnya yang sangat memanjakan para penumpang kelas bisnis.

Sedangkan untuk penumpang kelas ekonomi, penumpang harus menunggu di ruang boarding room umum dengan fasilitas  maskapai sesuai dengan ruang tunggu bandara pada umumnya. Mereka hanya mendapatkan fasilitas kursi untuk menunggu, stop kontak untuk mengisi baterai hanphone dan wi-fi saja. Terkadang, ada beberapa boarding room yang memberikan air putih garis untuk di minum oleh penumpang.

4. Fasilitas Dalam Pesawat

Saat berada di pesawat, penumpang kelas bisnis dan kelas ekonomi juga menerima fasilitas yang berbeda. Perbedaan itu bisa dilihat dari jenis kursi yang diterima penumbang, bagi penumpang kelas bisnis akan duduk di kursi yang nyaman dan jarak kaki dan kursi lebih besar. Sedangkan penumpang kelas ekonomi biasa saja standar pesawat pada umumnya.

Selain itu, penumpang akan menerima batasan jumlah berat dan jumlah barang yang perlu dimasukkan pada bagasi pesawat. Ketentuan IATA manyatakan kalau kelas bisnis dapat memasukan barang ke bagasi sebesar 30 kg, sedangkan kelas ekonomi sebesar 20 kg. Namun, di Indonesia memiliki peraturan tersendiri tentang berat barang yang bisa masuk bagasi di setiap maskapai penerbangan.

5. Layanan Dalam Pesawat

Selain perbedaan fasilitas yang diterima penumpang, pelayanan yang diberikan untuk setiap penumpang di setiap kelas berbeda.  Untuk penumpang kelas bisnis, dalam pesawat sudah disiapkan peralatan set makan lengkap dengan tawaran pilihan menu yang beragam. Sedang untuk penumpang kelas ekonomi jika beruntung akan ditawarkan beberapa jenis makanan dan minuman dengan perlengkapan makan yang terbuat dari plastik.

Baca juga: Harus Tahu Nih, Beberapa Benda Yang Tidak Boleh Dibawa ke Pesawat

Pelayanan pramugarinya pun jelas berbeda, karena di setiap maskapai pesawat biasanya ada dua orang pramugari yang standbay yang melayani permintaan penumpang. Karena dalam satu kali penerbangan ada puluhan atau ratusan penumpang kelas ekonomi, pramugari tidak 100 persen memberikan pelayanan yang maksimal. Sedangkan, untuk kelas bisnis akan diberikan pelayanan yang maksimal karena hanya ada sekitar 20 orang dalam kelas ini.

Sudah tahukan sobat Mojou perbedaan yang diterima untuk kelas bisnis dan kelas ekonomi dalam pesawat. Pesawat kelas ekonomi dan kelas bisnis hanya dibedakan fasilitas dan pelayanan dalam satu kali penerbangan. Sedangkan untuk jangka waktu tidak ada yang membedakan sampai tujuan. (IF)



Comment here