BeritaPilihan

Tangkuban Perahu Erupsi, Seperti Apa Kondisi Di Sana?

gunung tangkuban perahu

gunung tangkuban perahu

Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat, erupsi pada hari Jumat (26/7/2019) sekitar pukul 4 sore. Erupsi seperti ini telah terjadi beberapa kali sebelumnya. Pada tahun 1983 awan abu vulkanik mengepul hingga setinggi 159 meter di atas Kawah Ratu. Erupsi pun pernah terjadi pada tahun 2013 lalu.

Gunung Tangkuban Perahu sendiri memiliki tinggi sekitar 2.084 meter dari permukaan laut. Gunung ini mempunyai kawah aktif dan jumlahnya ada 9 kawah di wilayah Gunung Tangkuban Perahu.

Ketika erupsi kemarin, Kawah Ratu di Kawasan Gunung Tangkuban Parahu tersebut mengeluarkan debu hitam dengan ketinggian sekitar 200 meter. Erupsi ini tercatat di seismograf dengan amplitudo maksimum 50 milimeter dan berlangsung kurang lebih 5 menit 30 detik. Jarak terjauh abu vulkanik akibat erupsi ini mencapai kawasan Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya, warga sekitar sudah diberi sosialisasi tentang siaga bencana yang berpotensi terjadinya letusan gunung dan gempa bumi di kawasan Lembang. Masyarakat pun diminta tidak panik pasca erupsi dan meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya letusan susulan.

Ada beberapa kelompok relawan salah satunya bernama Avengers. Kelpompok relawan ini bukan pahlawan seperti yang ada di film hollywood, melainkan relawan yang beranggotakan warga setempat. Ada juga komunitas bernama Tagana (Taruna Siaga Berencana) Indonesia yang personilnya 30 personil. Kedua kelompok relawan tersebut diturunkan untuk membantu evakuasi warga akibat impak dari terjadinya erupsi.

Dari paca erupsi hingga saat ini, wisata Gunung Tangkuban Perahu masih ditutup oleh Pemerintah Daerah setempat.

Comment here