ArtikelJournalTips

Sudah Tahu Penggunaan Maskermu Belum? Cek Disini!

moslemjourney.com— Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia saat ini sering terjadi lagi. Gara-gara peristiwa ini pula, masyarakat disana diharuskan memakai masker. Bayangkan polusi di Jakarta yang sudah pekat banget, mereka yang tinggal di Kalimantan, Sumatra dan tempat lain yang sedang terkena kebakaran hutan bahkan nggak bisa melihat jalanan di depan. Makanya, masyarakat disana harus memakai masker selama beraktivitas.

Fungsi masker sendiri selain berguna untuk menghalau polusi udara, juga bisa digunakan bagi orang yang sedang sakit namun harus banget masuk kuliah dan kerja karena ada urusan yang nggak bisa ditinggal. Nah, Sobat Mojou juga bisa banget nih menggunakan masker. Daripada bengek di perjalanan kan nggak nyaman banget!

Baca Juga : Masyarakat Dihimbau Untuk Mewaspai Penyebaran Asap Karthutla

Biasanya, orang memakai masker dengan bagian keras ( biasanya warna biru dan hijau pada masker sekali pakai ) di luar dan bagian lembutnya di dalam. Namun, ada sebuah video yang mengejutkan publik nih. Katanya, cara penggunaan masker kita selama ini salah. Kalau cara yang disebutkan di atas tadi digunakan jika kalian sedang sakit. Fungsinya supaya ketika kalian sedang sakit, virus tidak akan menyebarkan karena bagian kerasnya berguna sebagai filter. Sementara jika kalian sehat dan hanya ingin menghalau polusi, penggunaan maskernya tinggal dibalik saja.

Tapi sebenarnya benar nggak sih, cara penggunaan masker dari video itu?

Yunadi Aulia Desmawan selaku Business Manager Consumer Health Care Division PT 3M Indonesia menyatakan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang bohong alias hoax. Senada dengan ucapan Aulia, dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), MPdKed dari Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan juga menyatakan hal yang serupa. 

Baca Juga : Pagi Hari Ini, Palembang Diselimuti Asap Pekat Sisa Kebakaran Hutan

dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), MPdKed berujar jika bagian keras pada masker dibuat untuk hidung. Gunanya supaya efek kebocorannya lebih kecil, ujarnya seperti yang dikatakan pada detik.com . Ia juga berkata jika masker sekali pakai memiliki jangka panjang waktu 8 jam sejak dibuka dari kemasannya. Sementara untuk masker reusable atau masker yang dapat dipakai ulang bisa digunakan setelah bersih ( telah dicuci ). 

Demikian cara penggunaan masker yang benar. Semoga bisa menjadi referensi Sobat Mojou ya! Apalagi jika aktivitas yang kalian lakukan mengharuskan untuk bergerak di luar ruangan. Yuk, sharing di kolom komentar , kira – kira siapa saja yang pernah memakai masker seperti yang ada di video. ( ans ) 

Comment here