BeritaNasional

Setelah DKI Jakarta, Daerah-Daerah Di Indonesia Ini Juga Terapkan PSBB

Setelah DKI Jakarta

Moslem Journey – Setelah DKI Jakarta menerapkan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pertama di Indonesia pada Jumat (10/4) minggu lalu. Kini sebanyak delapan daerah juga turut disetujui untuk menerapkan PSBB sebagai upaya menekan angka kasus penularan dan penyebaran virus corona.

Berikut ini delapan daerah di Indonesia setelah DKI Jakarta yang telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menerapkan PSBB.

1. Kota Bekasi

Kota Bekasi disetujui untuk menerapkan PSBB oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto selama dua minggu pada Rabu (15/4). Informasi ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengumumkan lima daerah di Jawa Barat yang akan menerapkan PSBB, Minggu (12/4).

Kebijakan PSBB secara mendetail akan diserahkan kepada kepala daerah di masing-masing, termasuk kepada Wali Kota untuk mengatur kebijakan ojek online, memberikan kewenangan kepada TNI dan Polri untuk menertibkan masyarakat, dan lain sebagainya.

2. Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi juga turut menerapkan PSBB dengan waktu yang sama dengan ke empat wilayah lain yang ada di Jawa Barat. Sebelumnya PSBB disetujui oleh Menkes, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah mendata dampak virus corona pada warganya.

Bupati Eka Supria Atmaja menyebutkan penerapan PSBB di Kabupaten Bekasi akan lebih ketat dari kebijakan sebelumnya. Mengingat Kabupaten Bekasi sebagai wilayah penopang Jakarta yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

Dengan demikian, Eka menyebutkan akan memperlakukan peraturan yang ketat serta memberikan sanksi kepada pelanggar PSBB di wilayahnya.

3. Kota Bogor

Setelah pengajuan PSBB diterima Menkes melalui Gubernur, Pemerintah Kota  (Pemkot) Bogor bersiap menyusun Surat Keputusan Peraturan Wali Kota (SK Perwali). Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan  Pemkot Bogor ingin menerapkan PSBB bersamaan dengan waktu penerapan di 4 daerah lainnya di Jawa Barat.

Menurut Dedie, penerapan PSBB di wilayahnya tidak akan jauh berbeda dengan penerapan PSBB di DKI Jakarta, yakni memberikan sanksi bagi masyarakat yang melanggar PSBB. Bisa berupa pidana, denda, atau sanksi yang sesuai dengan peraturan yang berkaitan.

4. Kabupaten Bogor

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga menerapkan PSBB pada Rabu (15/4) seperti di ke empat daerah di Jawa Barat. Bupati Bogor Ade asin menegaskan, PSBB akan diterapkan mulai Rabu dini hari di 11 kecamatan yang dianggap sebagai zona merah virus corona.

Kesebelas kecamatan tersebut adalah Kecamatan Bojonggede, Cibinong, Gunung Putri, Parung Panjang, Cileungsi, Ciomas, Jonggol, Ciampea, Citeureup, Kemang dan Ciseeng.

PSBB akan dibedakan menjadi dua bagian, mengingat wilayah di Kabupaten Kota Bogor juga terdiri dari beberapa desa. Untuk daerah yang masuk ke dalam zona merah virus corona akan kebijakan PSBB akan dilakukan secara maksimal, sedangkan di kecamatan lainnya akan menyesuaikan.

5. Kota Depok

Kota Depok menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang disetujui Menkes Terawan untuk menerapkan PSBB di wilayahnya. PSBB ini sendiri akan sama seperti ke empat daerah lainnya di Jawa Barat yang akan menerapkan PSSB, yakni selama dua minggu per Rabu (15/4).

6. Kabupaten Tangerang

Pengajuan PSBB di daerah Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan juga disetujui oleh Menkes Terawan pada Minggu (12/4).

Dengan demikian, Kabupaten Tangerang beserta dua daerah lainnya di Tangerang Raya akan menerapkan PSBB sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. PSBB di Kabupaten Tangerang akan diterapkan selama dua minggu yang belum diputuskan kapan PSBB akan mulai diterapkan.

7. Kota Tangerang

Kota Tangerang juga sedang bersiap untuk menerapkan kebijakan PSBB di daerahnya. Wali Kota Tangerang beserta dua kepala daerah lainnya di Tangerang Raya dan Gubernur Banten akan berkoordinasi untuk membahas penerapan PSBB di masing-masing wilayahnya.

8. Kota Tangerang Selatan

Sama halnya dengan dua wilayah lainnya di Tangerang Raya, Kota Tangerang Selatan juga mendapatkan persetujuan untuk menerapkan PSBB di wilayahnya. Pemkot Tangerang Selatan akan menerapkan PSBB mulai pada Sabtu (18/4) dini hari.

Comment here