BeritaNasional

Seputar PLN Tepati Janji Membayar Kompensasi Kepada Masyarakat

moslemjourney.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menepati janji untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat yang terkena pemadaman listrik massal pada Minggu (4/9) lalu. Bukan tanpa sebab, kompensasi dilakukan PLN karena telah merugikan masyarakat dalam pemadaman listrik selama 10 jam lebih.

Untuk mengetahuinya, PLN telah menyediakan layanan khusus melalui website resminya agar masyakat bisa mengetahui dan mengklaim kompensasi tersebut. Masyarakat menerima kompensasi tersebut dalam bentuk potongan tagihan bagi pengguna pascabayar atau nomer token bagi pengguna prabayar. Kompensasi ini akan didapatkan masyarakat untuk bulan September.

Dikutip dari liputan6.com, “Besaran kompensasi yang diterima dapat dilihat pada tagihan rekening bulan September 2019 atau pada bukti pembelian token pertama setelah 1 September 2019 untuk konsumen prabayar,” jelas Dwi Suryo Abdullah selaku Vice President Public Relations PLN, Senin (19/8) Kemarin.

Bagi masyarakat yang belum tahu, cara mengetahui besar kompensasi yang didapatkan, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka www.pln.co.id
  2. Pilih menu
  3. Pilih pelanggan
  4. Pilih layanan online
  5. Lalu pilih info kompensasi
  6. Masukkan ID pelanggan dan kode di sampingnya. Nanti akan muncul kompensasi yang didapat

Baca juga: Kondisi Terakhir Pasca Kerusuhan Manokwari

Sebagai informasi, pemberian informasi ini diberikan sesuai dengan Peraturan (PERMEN) Menteri ESDM No. 27 tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT PLN. Dalam PERMEN tersebut disebutkan, jika pelanggan yang terdampak pemadaman ingin mendapatkan kompensasi, harus terlebih dulu melakukan pelaporan kepada PLN.

Namun, untuk pemadaman massal yang terjadi Minggu (4/9) lalu, pelanggan tidak perlu melaporkan dan otomatis mendapatkan kompensasi. Menurut, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten, kompensasi yang didapatkan masyarakat sebesar 20% untuk pelanggan subsidi. Sedangkan pelanggan non-subsidi mendapatkan potongan sebesar 35%.

Sebagai bentuk layanan kepada pelanggan, PLN telah menyediakan dana sebesar RP. 865 miliar. Menurut catatan PLN ada 22 juta pelanggan PLN telah terdampak pemadaman listrik secara massal. Adapun wilayah yang akan bisa mendapatkan ganti rugi dari PLN, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Untuk wilayah Banten, wilayah yang akan mendapatkan ganti rugi hanya kota Cilegon, Kabupaten Serang kecuali Pulau Panjang, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Lebak, Tangerang, sebagian Kota Tangerang Selatan, dan sebagian Kota Tangerang.

Sedangkan untuk Jawa Barat, hanya wilayah Depok, wilayah Bekasi, wilayah Bogor, wilayah Cikarang, wilayah Karawang, wilayah Gunung Putri, wilayah Sukabumi, wilayah Cianjur, wilayah Purwakarta, wilayah Cimahi, wilayah Majalaya, wilayah Garut, wilayah Sumedang, wilayah Indramayu, wilayah Tasikmalaya, dan wilayah Cirebon. (IF)

Baca juga: Keluar Negeri Membawa Anak? Baca Tips Ini!

Comment here