BeritaNasional

Seluruh Perjalanan Kereta Api Dari Jakarta Dibatalkan PT KAI

Perjalanan Kereta Api

Moslem Journey – Seluruh perjalanan Kereta Api dari/menuju Jakarta dibatalkan  PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mulai 24 April 2020. Bukan hanya kereta api dari/menuju Jakarta saja, namun kereta api Bandung turut dihentikan.

Hal ini dilakukan PT KAI sebagai langkah mendukung kebijakan pemerintah tentang melarang mudik akibat penyebaran virus corona di Indonesia.

“Pembatalan seluruh perjalanan kereta ini kami lakukan guna menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan mudik lebaran 2020,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dilansir dari Kata Data, Jumat (24/4).

Joni menjelaskan, pada 21 April 2020, PT KAI kembali membatalkan 14 kereta api yang dari/menuju Jakarta dan Bandung  dengan perjalanan yang dimulai pada 23 dan 24 April 2020.

Sebelumnya, pengurangan perjalanan kereta api sudah dilakukan sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di berbagai daerah.

Dengan demikian, mulai 24 April 2020, PT KAI tidak lagi mengoperasikan kereta api dari Jakarta dan Bandung menuju ke kota-kota wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Secara total sejak 23 April 2020, PT KAI telah membatalkan perjalanan kereta api sebanyak 01 perjalanan KA, dengan rincian 213 KA Jarak Jauh dan 188 KA Lokal,” kata Joni.

Dengan adanya pembatalan perjalanan kereta api ini, Joni mengatakan, PT KAI akan mengembalikan uang tiket penumpang yang batal berangkat secara penuh.

Nantinya penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilahkan untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh pihak PT KAI.

Apabila belum dihubungi, calon penumpang dapat langsung membatalkan tiketnya sendiri secara online melalui aplikasi KAI Acces atau datang langsung ke loket stasiun.

Meskipun demikian, calon penumpang tidak disarankan untuk membatalkan tiket datang langsung ke loket stasiun untuk menghindari kerumunan dengan calon penumpang lainnya.

Pembatalan melalui aplikasi KAI Acces dapat dilakukan sebelum 3 jam (maksimal) jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Sedangkan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan dengan jangka waktu maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan.

Pembatalan tiket dilakukan dengan cara menunjukkan kode booking di loket stasiun dan uang akan langsung diganti secara tunai.

Comment here