Berita

Selamat Jalan Bapak Teknokrat BJ. Habibie

Mobil Jenazah BJ. Habibie sampai di TMP Kalibata

Moslem Journey – Tepat pada pukul 13.30 WIB prosesi upacara pemakaman Almarhum BJ. Habibie dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang dihadiri sejumlah pejabat negara. Antusiasme masyarakat turut mewarnai prosesi upacara pemakaman. Mereka datang untuk mengantarkan BJ. Habibie pada peristirahatan terakhir. Bahkan ada yang hadir dengan membawa bunga, dan bingkai berisi foto wajah BJ. Habibie.

Baca juga: Persiapan Upacara Pemakaman BJ. Habibie

Seperti Nida dan kawan-kawan yang sengaja menyempatkan diri untuk hadir pada prosesi pemakaman BJ. Habibie. Mereka telah menunggu kedatangan mobil jenazah BJ. Habibie dari setengah jam sebelum prosesi.

“Saya sengaja menyelawat kesini sama teman-teman. Sudah dari jam setengah satu datang kesini. Pokoknya turut berduka cita sekali kehilangan beliau” ucap Nida, Kamis (12/09).

Menjelang siang, pada pukul 11.00 sebelum jenazah sampai di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Antusiasme masyarakat sudah terlihat di sepanjang jalan menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata. Mereka menunggu sambil mengumandangkan kalimat Tauhid Laa ilaa ha ilallah. Lalu lintas di sekitar sempat dialihkan. Namun, ramai kendaraan pada lalu lintas jalan tak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk melihat iring-iringan terakhir jenazah BJ. Habibie.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Kami Kehilangan Sosok Pemimpin Sempurna 

Salah satu penyelawat yang berasal dari Ambon, datang untuk menghadiri pemakaman BJ. Habibie. Tetapi tidak diperbolehkan masuk karena banyaknya keluarga dan pejabat serta media yang sudah memenuhi area pemakaman. Agar tidak membludaknya masyarakat yang ingin masuk ke dalam makam. Beberapa Paspamres mencoba menertibkan masyarakat agar tetap tenang, sehingga prosesi bisa berjalan lebih hikmat.

“Saya mau masuk nggak bisa, penuh banget di dalam. Padahal makam ibu saya berdekatan dengan makam BJ. Habibie.” Kata salah satu penyelawat.

Selain masyarakat, Pejabat dari dalam maupun luar negeri turut hadir mengantarkan BJ. Habibie ke peristirahatan terakhir. Seperti Ali Mochtar Ngabalin, Dedi Mulyadi, Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah hadir di rumah duka. Mereka hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada BJ. Habibie dan mendoakan kepergiannya.(CM/IF)



Comment here