ArtikelJournalPenginapan

Sejarah Hotel Kapsul Dan Lokasinya Di Indonesia

moslemjourney.com— Hotel kapsul pertama kali dibuat pada tahun 1979 di Osaka, Jepang. Kala itu, harga taksi sedang naik sementara para pekerja yang lembur merasa tarif yang ditetapkan terlalu mahal. Apalagi mereka bekerja setiap hari.

Saat hotel kapsul pertama kali diperkenalkan publik, harga yang dipatok adalah 1900 yen, lebih murah daripada naik taksi. Hingga kini, sudah terdapat lebih dari 300 hotel kapsul di Jepang.

Konsep hotel ini akhirnya juga ditiru oleh negara lain, termasuk Indonesia. Kira-kira apa saja ya hotel kapsul di Indonesia? Berikut adalah ulasannya.

  1. QB Sleep Capsule Hotel 

Lokasi : Jl. Patih Jelantik Blok PM. I, No. 10, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Harga Kamar : 190 – 200 ribu per malam

Setelah kemarin membahas resort di tepi pantai, di Bali juga ada lho hotel dengan harga terjangkau. Kamu bisa memesan kamar di sini. Hotel ini memiliki WiFi, Hotel ini dekat dengan Pantai Kuta, Seminyak, dan Double Six. Kita juga mendapatkan fasilitas kamar mandi, hanya saja harus sharing dengan pengunjung lainnya. Jika Sobat Mojou suka belanja, kamu bisa datang ke Beachwalk Shopping Center.

  1. Capsule Hotel Old Batavia

Lokasi : Jln. Cikini Raya No.60Z, RT.14/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Harga Kamar : 178 – 200 ribu per malam

Hotel ini terletak tak begitu jauh dengan Stasiun Gambir, jadi jika Sobat Mojou ingin bepergian dengan kereta namun waktu keberangkatannya di waktu pagi buta, kalian bisa menginap di sini. Kamar di sini ada 3 macam. Ada yang khusus untuk perempuan, gabungan dan kamar mandi dalam. WiFi? Selalu ada pastinya! Di sini kamu juga bisa menikmati kopi dan teh sepuasnya di lantai 5. Tapi sesudah itu jangan lupa dibersihkan lagi ya!

Hotel ini dekat juga dengan Planetarium, kalian bisa datang ke sini jika sedang menginap menginap di sini. 

Baca Juga : Mau Merasakan Pengalaman Menginap Yang Unik? Kunjungi 5 Hotel Dibawah Ini !

  1. Bobobox 

Lokasi : Jl. Pasir Kaliki No.76A, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

Harga Kamar : 132 – 188 ribu per malam

Mau mencoba sensasi tidur pesawat luar angkasa? Coba datang ke Bobobox! Didalamnya, kamu bisa mengatur warna kamar pada sebuah layar yang tersedia di dalamnya. Biasanya hotel kapsul hanya bisa dihuni oleh satu orang. Nah jika kamu menginap di Bobobox, kamu tidur berdua dengan temanmu. Ada 2 tipe kamar di sini, earth pod dan sky pod. Kalau kamu pilih earth pod, berarti kamarmu ada di bawah, jika sebaliknya maka kamu harus memanjat untuk sampai di kamar. Fasilitas yang bisa kamu dapat selai WiFi adalah pantry, mushola, working space dan lainnya.

Saat menginap di sini, kamu akan lebih dekat ketika ingin berkunjung ke Istana Merdeka dan Braga City Walk.

  1. Digital Airport Hotel

Lokasi : Terminal 3 – 1st Floor, Domestic Arrival Area, RT.001/RW.010, Pajang, Benda, Kota Tangerang, Banten 19120

Harga Kamar : 250 ribu (6 jam) & 375 per malam

Bosan menunggu waktu transit? Kalian bisa lho menginap di Digital Airport Hotel yang terletak di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Nah, di sini kamarnya ada 2 macam tipe kamar yakni Alpha dan Beta. Perbedaannya cuma ada di televisinya aja kok. Kalo tipe Alpha televisinya 22 inchi, sedangkan tipe Beta televisinya berukuran 32 inchi. Lumayan kan, daripada duduk di ruang tunggu kalian bisa tiduran sambil nonton televisi. Fasilitas yang didapatkan seperti hotel biasa mulai dari kamar mandi dan WiFi 

  1. The Packer Lodge Yogyakarta

Lokasi : Jl. Dagen No.3, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Harga Kamar : 262 – 327 ribu per malam

Jika Sobat Mojou sedang berada di Yogyakarta dan ingin merasakan sensasi menginap di hotel kapsul, kalian bisa datang mencoba memesan kamar di The Packer Lodge. Tipe kamar ini adalah dormitory. Jadi satu kamar dibuat menjadi beberapa kamar dalam bentuk kapsul. Tapi ada juga private room dimana bisa diisi oleh 2 orang. Fasilitasnya mencangkup WiFi dan kamar mandi. Tapi kamar mandinya harus sharing. Aksesnya dekat banget dengan jalan Malioboro. Mau wisata kuliner? Kalian juga bisa makan di Gudeg Yu Djum 2.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Jet Lag, Gejala Dan Cara Mengatasinya

Gimana Sobat Mojou, tertarik nggak untuk menginap di sini? FYI, karena hotel kapsul kecil banget, biasanya kita nggak boleh makan di dalam kamar supaya nggak menganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Keamanannya juga terjamin banget kok. Gimana, tertarik buat menginap di hotel kapsul? Atau kamu punya rekomendasi hotel kapsul juga? Share di kolom komentar ya! (ans)

Comment here