ArtikelJournalKuliner

Sama – Sama Manis, Ini Bedanya Es Krim, Gelato dan Sorbet

moslemjourney.com— Es krim memang makanan yang cocok banget nih dimakan saat matahari lagi terik – teriknya. Tapi, kalian tiba – tiba teringat makanan lainnya yakni Gelato dan Sorbet yang ada pada menu di kios makanan. Sama – sama manis dan dingin, terus bedanya apa ya? Ternyata, perbedaan itu terletak pada tekstur, bahan dasar juga rasanya. Chef Mukhamad Solihin dari Locarasa menjelaskan jika gelato memiliki lemak lebih sedikit dibanding es krim. Krim masak yang mengandung lemak itu juga lebih banyak dimiliki es krim daripada gelato.

“Perbandingannya, krim pada Gelato maksimal 25 persen dari susu. Kalau es krim bisa sampai 50 banding 50. Karena mengandung banyak krim, otomatis lemaknya lebih banyak. Kandungan udara pada body es krim juga lebih banyak karena isinya lebih banyak. Kalau gelato karena kandungannya sedikit, maka kandungan udara pada body gelato juga sedikit,” jelasnya seperti yang dikutip dari Kompas.com .

Baca Juga : Menikmati Keindahan Pantai 3 Warna Di Malang

Itulah mengapa tekstur es krim menjadi lebih ringan, sedangkan pada gelato tekstur lebih padat dan tebal. Es krim dan gelato memiliki proses pengolahan dan bahan yang nyaris sama. Bahan – bahannya sendiri terdiri dari susu, krim masak, tapioka, dan perasa seperti vanila, kopi dan lainnya. Namun pada proses pengadukannya, es krim diaduk lebih cepat dan kuat sehingga teksturnya lebih lembut dan ringan sementara gelato tetap ringan namun padat. 

Setelah itu ada lagi sorbet. Berbeda dengan es krim dan gelato yang memiliki tekstur lembut dan padat, sorbet memiliki tekstur lebih berair dan mudah mencair. Di Prancis, makanan ini disebut juga dengan nama granito. Bahannya sendiri juga berbeda yakni menggunakan jus buah, gula, sirup, dan tambahan soft ice. Maka dari itu, tekstur sorbet lebih kasar dan keras dibandingkan dengan es krim dan gelato. 

Rasanya sendiri juga berbeda. Sorbet memiliki rasa segar dan manis dari buah – buahan, berbeda dengan kedua makanan diatas yang memiliki rasa lebih creamy. Makanan ini lebih cocok dikonsumsi sehabis makan, selain menyegarkan juga dapat membersihkan mulut sehabis makan. Oya, kamu bisa mencoba sorbet dengan datang ke Popbar di Senayan. Harganya berkisar antara 25 ribu sampai 36 ribu. (ans)

Baca Juga : 5 Wisata Unik Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

Comment here