BeritaPilihan

Ramai Dibicarakan, Garuda Indonesia Polisikan Dua Youtuber Akibat Unggahannya di Media Sosial

PT Garuda Indonesia resmi melaporkan dua youtuber yang bernama Rius Vernandes dan Elwiyana Monica ke pihak kepolisian atas dugaan pencemaran nama baik dan pelanggaran UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Berawal dari unggahan video di akun media sosial Rius Vernandes yang viral di masyarakat. Ketika itu Rius Vernandes dan Elwiyana sedang membuat video vlog review maskapai bussines class Garuda Indonesia destinasi Sydney – Denpasar dan Denpasar – Jakarta. Ketika di dalam pesawat yang mereka gunakakan, salah satu pramugari menyuguhkan menu makanan dalam bentuk selembar kertas dan dengan tulisan tangan.

“Maaf, untuk menu card nya kita lagi dalam proses percetakan. Jadi saya ada menuliskan. Jelek tulisannya pak”, Ucap seorang pramugari ke Rius dan Elwiyana. Rius sambil terus merekam video yang tertuju ke menu tersebut menanggapi dengan santai, “Oh nggak apa”.

Akibat unggahannya, mereka berdua dilaporkan ke pihak kepolisian. Dan mengenai pemanggilan tersebut, Ruis vernandes menyayangkan itu terjadi sekaligus meminta dukungan kepada warga net melalui akun instagramnya @rius.vernandes. “Gw sangat minta support kalian soal ini. Semua nya. Kalian semua punya suara. Terutama teman2 influencer. Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw gak mau di masa depan ketika kita review sesuatu dengan apa adanya, ketika kita memberiakn kritisi yang membangun, kita bisa dipidana.” Ujar Rius.

Ia juga sangat menghormati proses hukum yang berjalan. Sikapnya yang kooperatif dikarenakan ia merasa tak bersalah akan hal ini. “Gw akan menghormati segala peraturan yang ada dan akan menjalani semua ini. Gw sama sekali tak mencemarkan nama baik. Gw tidak takut. Tapi tidak adakah cara kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah ini,” tambahnya.

Bantahan dari pihak maskapai pun diungkapkan oleh Ikhsan Rosan selaku VP Corporate Secretary Garuda Indonesia. Ikhsan meluruskan bahwasanya kertas menu yang diunggah di media sosial Rius Vernandes adalah catatan pribadi awak kabin, bukan asli yang disediakan oleh Garuda Indonesia terlebih untuk bussines class. Selain itu, pihak Garuda Indonesia pun memberikan klarifikasi di akun media sosialnya @garudaindonesia.

Comment here