ArtikelCampurJournalTahukah Kamu

Rahasia Tersembunyi Bahasa Daerah Indonesia

moslemjourney.com – Tahukah sobat Mojou bahwa Indonesia ini sangat kaya akan bahasa daerahnya loh. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak budaya dan suku dari Sabang sampai Merauke. Jadi sudah sewajarnya jika Indonesia memiliki ragam budaya dan bahasa daerah yang banyak. Meskipun Indonesia memiliki banyak suku, budaya dan bahasa, tidak serta merta memisahkan para penduduknya.

Foto : KissParry

Seperti semboyan negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu jua. Dan tahukah sobat Mojou bahwa tanggal 21 Februari itu diperingati sebagai Hari Bahasa Ibu Nasional. Dan kali ini Mojou akan membahas fakta-fakta menarik seputar bahasa daerah Indonesia, berikut penjelasannya :

  1. Bahasa daerah di Indonesia berjumlah ratusan.

Dikutip dari Good News For Indonesia, , Ganjar Harimansyah mendata, bahwa sampai bulan Oktober 2017 Indonesia memiliki 652 bahasa daerah yang telah diidentifikasikan dan divalidasi dari 2.452 daerah pengamatan di wilayah Indonesia. Menjadi 733 dari perhitungan penyebaran bahasa daerah provinsi. Dengan jumlah seperti itu, sebenarnya tidak heran karena Indonesia memang sangat kaya akan suku dan daerahnya sehingga sangat memungkin jika Indonesia memiliki jumlah bahasa daerah ratusan.

  1. Macam-macam bahasa daerah tidak mirip satu sama lain.

Jika dipelajari meskipun Jawa Tengah dan Jawa Barat masih merupakan bagian dari pulau Jawa bahkan bertetangga, kedua bahasa daerah tersebut tidak sama dan tidak banyak yang mengalami kemiripan. Meskipun terkadang ada beberapa kata yang sama namun ternyata memiliki arti yang berbeda.

  1. Bahasa dan dialek yang unik dan berbeda.

Bukan hanya bahasanya yang beragam, dialek yang digunakan pun berbeda dan unik. Contohnya orang Jawa yang terkenal dengan dialeknya yang halus dan lemah lembut, sedangkan orang Batak sendiri memiliki dialek yang lebih keras sehingga ketika sedang mengobrol, beberapa orang banyak yang mengira mereka sedang marah-marah atau sedang memaki.

  1. Terdapat bahasa yang belum teridentifikasi.

Dari banyaknya jumlah bahasa daerah yang sudah didata, ternyata sejumlah bahasa yang belum teridentifikasi. Beberapa diantaranya ialah bahasa di Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Baca Juga : Fakta Menarik di Indonesia no 2 Udah Tahu Belum

  1. Terdapat bahasa daerah yang punah.

Rupanya ada bahasa yang dinyatakan punah dan belum teridentifikasi, terdapat 11 bahasa daerah yang ada di Indonesia yang dinyatakan punah. 11 bahasa yang telah punah tersebut berasal dari Maluku yaitu bahasa daerah Kajeli/Kayeli, Piru, Moksale, Palumata, Ternateno, Hukumina, Hoti,Serua dan Nila serta bahasa Papua yaitu Tandia dan Mawes. Adapun bahasa yang sedang mengalami kritis dan kemuduran ialah bahasa daerah Reta dari NTT,Saponi dari Papua dan dari Maluku yaitu bahasa daerah Ibo dan Meher.

  1. Terancam punah pada setiap tahunnya.

Sangat disayangkan bahwa setiap tahun beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia terancam punah atau mengalami penurunan status. Pada 2009 saja Unesco telah mencatat ada sekitar 2.500 bahasa di dunia yang termasuk lebih dari 100 bahasa daerah di Indonesia terancam punah. Dalam 30 tahun terakhir sebanyak 200 bahasa daerah telah punah dan 607 dinyatakan tidak aman.

Adapun upaya untuk pelestariannya yaitu dengan cara mempraktekan bahasa daerah yang kita miliki dan membiasakan untuk menggunakan bahasa daerah kita sendiri dalam berbicara sehari-hari. Karena sudah sewajibnya kita bangga dengan bahasa daerah kita. Itu dia fakta-fakta menarik tentang bahasa daerah Indonesia. Tulis di kolom komentar ya sobat Mojou berasal dari bahasa daerah mana, dan jangan lupa share ke teman-teman kalian agar bahasa daerah Indonesia bisa tetap dilestarikan. (ms)



Comment here