BeritaNasional

Pulau Seribu Jadi Pariwisata Yang Diunggulkan Pemprov DKI

Sumber : Detik travel

Moslemjourney.com – Sebagai Ibukota Republik Indonesia, Jakarta tidak melulu soal gedung bertingkat dan kemacetan. Padahal, banyak pesona pariwisata mulai dari wisata sejarah, gaya hidup, dan wisata alam ada di Jakarta.

Untuk wisata alam, nantinya Kepulauan Seribu akan diunggulkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Mengutip Detikcom, kawasan Pulau Seribu termasuk dalam 10 Kawasan Prioritas Pariwisata Nasional yang ditetapkan olej Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, pihaknya akan fokus untuk melakukan pembangunan fasilitas di gugusan pulau yang terletak di Teluk Jakarta tersebut.

“Kami sedang dalam kajian, sekarang sedang menyelesaikan rancangan tata ruang dari Pulau Seribu sendiri agar lebih banyak pembangunan dan investasi ke depannya di Pulau Seribu itu sendiri,” ungkapnya kepada detikcom.

Fasilitas itu nantinya akan berfungsi sebagai aksesibilitas para wisatawan. Karena sampai saat ini akses di daerah Pulau Seribu masih kurang. Hal itu juga menyebabkan wisatawan kesulitan menjelajahi wilayah kepulauan tersebut.

“Yang masih dirasakan kurang saat ini adalah aksesibilitas ke Pulau Seribu, itu masih terbatas ya. Jadi apalagi aksesibilitas dari pulau ke pulau. Nah ini kalau ada (akses) mungkin orang bisa tinggal lebih lama di Pulau Seribu,” ujar Cucu.

Cucu berharap jika nanti aksesibilitas lebih mudah, diharapkan para wisatawan bisa lebih lama tinggal di sana dan melakukan spending yang lebih banyak.

Kedepannya ia juga berharap agar lebih banyak kapal yang bisa beroperasi untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke Pulau Seribu.

“(Penambahan) kapal baik dari daratan seperti Marina atau Muara Angke menuju kepulauan, tapi yang terpenting itu justru interkoneksi antar pulaunya itu belum kelihatan. Sebenarnya engga harus pemerintah juga yang memprovide itu (kapal), bisa private sector. Justru kita harapkan untuk transportasi sebenarnya lebih heavy (dititik beratkan) di private sector,” pungkasnya.

Rda

Comment here