ArtikelBeritaBerita UtamaNasionalTransportasi

Jokowi Resmikan Tol Layang Jakarta – Cikampek

sumber foto : instagram @kemenpupr

Moslemjourney.com – Tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/12) siang. Jalan layang sepanjang 38 km ini membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Tol ini juga digadang-gadang menjadi jalan bebas hambatan dengan struktur layang terpanjang di Indonesia.

Saat peresmian, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Jawa Barat, Direktur Jenderal Bina Marga, dan Direktur Utama Jasa dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan tol Jakarta-Cikampek siang hari ini,” kata Jokowi, Kamis (12/12) seperti dimuat detikcom.

Jalan Layang ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di ruas jalan Jakarta-Cikampek hingga 30%. Disarankan, bagi kendaraan dengan rute jarak pendek menggunakan Tol Japek. Sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek.

Jokowi memastikan tol layang ini dapat dipakai untuk umum gratis hingga masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Adapun, Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto mengatakan tarif tol layang masih terus diperhitungkan. Tarif akan ditetapkan setelah masa uji coba selesai.

“Masih dihitung tarifnya, masih kita diskusikan,” kata Sugiyartanto, Kamis (12/12).

Comment here