BeritaBerita Utama

PLN Padamkan Listrik untuk Antisipasi Korsleting Listrik Saat Banjir

Sumber: mediaindonesia.com

Moslemjourney.com – Akibat banjir yang merendam beberapa titik di Jakarta, PT PLN (Persero) melakukan pemadaman sementara aliran listrik di sejumlah wilayah di DKI Jakarta yang terdampak banjir pada Rabu (1/1).

Pemadaman sementara dilakukan untuk memastikan keamanan masyarakat dari bahaya korsleting arus listrik. Dilaporkan oleh Mediaindonesia.com, hingga pukul 09.30 WIB, pihak PLN telah memadamkan 724 wilayah yang tergenang banjir.

Generan Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Ikhsan Asaan melalui keterangan resminya mengatakan turut prihatin atas musibah banjir yang terjadi. Selain itu, ia mengatakan saat ini listrik diamankan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik.

“Kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik,” katanya pada (1/1).

Pihak PLN mengimbau pada masyarakat apabila wilayahnya tergenang air agar segera mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB). Kemudian langkah selanjutnya adalah mencabut seluruh peralatan listrik yang tersambung dengan stop kontak. Lalu naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

“Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, silahkan hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN terdekat meminta untuk dipadamkan,” kata Ikhsan.

Nantinya, jika banjir telah surut pastikan semua jaringan listrik dan alat elektronik berada dalam konsisi kering. Hal tersebut sebagai langkah aman untuk menyalurkan energy listrik.

“PLN dan perwakilan warga nantinya akan menandatangani berita acara penormalan aliran listrik bila semua perangkat listrik dari sisi warga maupun PLN sudah sama-sama siap,” katanya.

Adapun beberapa wilayah yang terendam banjir cukup banyak di Jakarta. seperti di Karet Pasar Baru, Kedoya Utara, Pancoran, Kebon Jeruk, Ciledug, dan masih banyak wilayah lain.

RDA

Comment here