ArtikelTahukah Kamu

Petrichor, Aroma Hujan yang Menenangkan

Musim penghujan telah tiba, nih, Sobat Mojou. Sebelum bepergian alangkah baiknya untuk sedia payung atau jas hujan agar tidak kehujanan nantinya. Apalagi hujannya sering mendadak dan tak tentu waktunya. Bagi yang berkendara terutama menggunakan kendaraan roda dua, tetap waspada selama perjalanan. Selalu hati-hati terutama apabila jalanan basah dan licin.

Berbicara soal hujan, pernah tidak Sobat Mojou mencium aroma hujan? Aroma hujan biasanya muncul saat air hujan pertama kali membasahi tanah yang kering. Saat tanah mulai basah, di situlah muncul aroma hujan yang sangat khas. Menurut sebagian orang aroma hujan itu sangat menenangkan dan membuat rileks.

Berdasarkan fakta, sebetulnya air hujan tidak memiliki aroma. Hujan hanyalah butiran air yang berasal dari atmosfer dan turun ke bumi. Sebutan untuk aroma khas dari hujan ialah petrichor. Istilah petrichor pertama kali diperkenalkan oleh ilmuwan asal Australia Isabel Joy Bear dan Roderick G. Thomas dalam artikel mereka yang berjudul Nature of Argillaceous Odour pada 1964.

Aroma khas petrichor bukan semata karena perpaduan antara air hujan dan tanah, tapi ada peran zat kimiawi yang terlibat di sana. Aroma petrichor ternyata diproduksi oleh bakteri yang berlimpah di tanah. Jadi ketika Sobat Mojou mencium petrichor, itu sebenarnya berasal dari molekul geosmin yang diproduksi oleh bakteri Streptomyces yang hidup di dalam tanah dan kerap dipakai untuk membuat antibiotik komersial.

Selain itu, ozon juga menjadi penyebab munculnya aroma hujan. Ketika terjadi hujan disertai badai petir, maka akan menimbulkan reaksi kimia dari pemisahan molekul. Oleh sebab itu, terkadang aroma hujan bukan berasal dari molekul geosmin saja melainkan juga berasal dari ozon yang terbawa angin.

Saat ini, bagi Sobat Mojou yang ingin menghirup aroma petrichor tidaklah perlu menunggu musim penghujan tiba. Sebab pada 2014 silam sebuah perusahaan parfum di London telah merilis parfum dengan aroma petrichor. Aroma hujan memang unik dan disukai ya.

Comment here