ArtikelPilihan

Pesona Masjid Agung Jawa Tengah, Siapa Tahan?

Moslem Journey – Tahukah kamu? Salah satu masjid termegah di Indonesia adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini terletak di Jalan Gajah Raya Kota Semarang. Diresmikan pada masa kepemimpinan Soesilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006. Masjid Agung Jawa Tengah bukan hanya menjadi tempat ibadah namun juga tempat pendidikan, pusat aktivitas, dan objek wisata religi yang harus kamu kunjungi.

Seperti magnet, Masjid Agung Jawa Tengah mampu menarik wisatawan yang datang karena pesona keindahan arsitektur yang unik dibanding masjid yang lainnya. Terdiri dari dua lantai dengan arsitektur perpaduan antara Islam (Arab), Jawa, dan Barat.

Keunikan Masjid Agung Jawa Tengah

1. Masjid ini disebut-sebut mirip dengan Masjid Nabawi di Kota Madinah. Hal itu dikarenakan payung elektrik sebanyak 6 buah yang menghiasi pelataran masjid dengan tinggi 20 m dan diameter 14 m. Payung tersebut akan dibuka ketika salat Jum’at. Untuk kamu yang ingin merasakan keindahan Masjid Nabawi rasa lokal, kamu bisa datang ke Masjid Agung Jawa Tengah.

2. Tongkat pemberian Sultan Hassanal Bolkiah yang berasal dari Brunei Darussalam yang dinamakan Tongkat Khatib.

3. Replika bedug raksasa yang terbuat dari kulit lembu Australia mampu menarik wisatawan untuk melihat. Ukuran replika bedug 310 x 220 cm. Yang dibuat oleh santri dari Pesantren Al-falah Mangunsari dari Jatilawang, Banyumas.

4. Ruang perkantoran dan perpustakaan umum menyediakan buku-buku umum maupun agama untuk para wisatawan.

5. Al Quran raksasa dengan ukuran 145 x 95 cm2. Ditempatkan dalam ruang utama yang menjadi tempat shalat.

6. Menara Asmaul Husna dengan tinggi 99 m terdiri dari 19 lantai. Menara ini sangat ramai dikunjungi wisatawan karena dari menara ini kamu bisa melihat kota semarang secara luas, di dalamnya terdapat teropong untuk melihat lebih jelas. Saat masuk ke menara ini kamu akan dikenakan biaya dan untuk menggunakan teropong kamu bisa menggunakan uang koin 1000 rupiah.

7. Auditorium sebagai fasilitas yang disediakan di MAJT mampu menampung 2000 orang, berlokasi di sayap kanan masjid. Biasanya digunakan untuk acara pernikahan, pameran serta acara penting lainnya.

Demikian ulasan pesona Masjid Agung Jawa Tengah. Kalau kamu pergi ke Semarang, jangan lupa untuk mampir ke MAJT. Rekomendasi waktu terbaik adalah di sore hari karena jika siang cuaca sangat terik dan kamu bisa melihat senja yang cantik di area Masjid Agung Jawa Tengah.

 

Comment here