BeritaNasional

Peringatan Dini BMKG, DKI Jakarta Dan Banten Terancam Bencana Kemarau

moslemjourney.com – Masyarakat yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dan Banten di bayang-bayangi kekeringan. Karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada ancaman kekeringan di kedua daerah tersebut.

Berdasarkan siaran persnya, seluruh zona musim di DKI Jakarta dan Banten per tanggal 20 Agustus 2019 telah memasuki musim kemarau dan perlu kewaspadaan warga untu menghadapi bencana kekeringan. Data Hari Tanpa Hujan (HTH) menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan Banten akan mengalami deret kekeringan selama 20 hari hingga lebih 60 hari.

Sementara prakiraan peluang curah hujan sangat rendah (kurang dari 20mm/dasarian). BMKG menyatakan, bencana yang berdampak pada wilayah DKI Jakarta dan Banten akan berdampak pada sector pertanian yang mengunakan sistem tadah hujan. Bencana kekeringan ini juga akan berdampak pada ketersedian air bawah tanah yang menyebabkan kelangkahan air.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Kapal Tenggelam

Selain itu, tingkat populasi udara akan meningkat dengan seiring jalannya waktu di wilayah DKI Jakarta dan Banten. Adapun kecamatan wilayah DKI Jakarta dan Banten yang akan berdampak bencana kekeringan tersebut. Wilayah Tangerang merupakan wilayah yang memiliki kecamatan yang paling diwaspadai dalam bencana kekeringan. Karena hingga 11 kecamatan akan berdampak bencana kekeringan ini.

Disusul wilayah Jakarta Utara yang mencapai 6 kecamatan yang awas terhadapa bencana ini. Di Banten yang terdampak termasuk Tangerang Raya, Cisoka (Kabupaten Tangerang), Sukamulya, Legok, Kresek (Kabupaten Tangerang), Pondok Aren, Serpong (Tangerang Selatan). Kemudian, Teluk Naga, Sepatan, Mauk, Kresek, Kronjo, Kemiri, Pasar Kemis (Kabupaten Tangerang), Ciputat.

Sementara untuk wilayah terdampak di DKI Jakarta seperti Jakarta Pusat meliputi Gambir, Menteng, Gambir, Kemayoran, Tanah Abang. Jakarta Selatan meliputi Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Baru, Pasar Minggu, Tebet, PasarMinggu, Setiabudi. Jakarta Barat meliputi Kedoya Selatan, Grogol, Petamburan. Jakarta Timur Halim, Pulogadung, Cipayung. (IF)

Baca juga: Naik Gunug Pertama Kali, Kenali Istilah-istilah Ini Untuk Para Traveler

Comment here