ArtikelJournalKesehatanPilihan

Perhatikan! 5 Alarm Penanda Tubuhmu Kelelahan

Moslem Journey – Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari segala aktivitas. Aktivitas yang ringan atau berat, baik di dalam maupun luar ruangan. Setelah seharian melakukan aktivitas yang padat, hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Setiap orang memiliki daya tahan tubuh atau kemampuan untuk melindungi tubuh yang berbeda-beda. Penyebab perbedaan antara lain: asupan yang dimakan, kualitas tidur, kualitas udara yang dihirup, tingkat tekanan yang dihadapi setiap hari dan gaya hidup yang direspon oleh tubuh.

Asupan yang tidak sesuai dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sehingga menyebabkan tubuh mudah kelelahan dan cepat terserang penyakit. Maka dari itu, kamu harus mengetahui asupan yang diperlukan oleh tubuhmu dan rajin – rajin memperhatikan kondisi tubuh setelah seharian melakukan aktivitas yang banyak. Dibawah ini terdapat tanda – tanda tubuhmu sangat kelelahan.

5 Alarm Penanda Tubuhmu Kelelahan

Sulit tidur pada waktu malam
1. Sulit tidur dan kaki kram

Sulit tidur umumnya terjadi karena stres, depresi, rasa cemas maupun kondisi fisik berupa gangguan pernapasan seprti asma, alergi atau pilek serta kondisi lingkungan sekitar saat ingin tidur. Sedangkan kram kaki terjadi karena gangguan sirkulasi darah di tungkai kaki, kekurangan asupan mineral tertentu ataupun suhu dingin. Jika sudah seperti itu, tubuhmu membutuhkan magnesium dan potasium dan untuk mendapatkan nutrisi tersebut kamu bisa menjadikan tomat, jeruk, pisang dan bayam ke dalam asupan sehari-hari.

Minyak Zaitun dapat melembabkan kulit
2. Kulit kering

Kulit kering ditandai dengan permukaan kulit yang terasa kaku dan terlihat kasar. Penyebab kulit kering biasanya iritasi, bertambahnya usia, perubahan cuaca ataupun pemakaian sabun yang salah. Kulit yang kering menandakan bahwa kamu kekurangan vitamin E. Oleh karena itu, kamu wajib mengonsumsi lebih banyak sayuran, minyak, kacang-kacangan dan ikan. Kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk melembabkan kulit. Menurut dokter kulit. Kandungan pada minyak zaitu terdapat lemak, vitamin E, Vitamin K dan sedikit sekali zat besi.

Dalam sebuah hadits yang dari umar, beliau berkata, “rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, berobatlah dengan minyak zaitun dan minyakilah dengannya, karena ia berasal dari pohon yang penuh berkah.” HR. Ad-Darimi.

Ibnul Qayyim dalam kitab Zadul Ma’ad berkata, “minyak zaitun bisa menutup pori-pori tubuh dan mencegah zat yang masuk melaluinya. Jika digunakan setelah mandi air panas, minyak zaitu akan memperbaiki dan melembabkan badan. Jika digunakan sebagai minyak rambut, akan menjadikan rambut indah dan panjang. Minyak zaitun dapat berkhasiat untuk mengobati campak dan penyakit lainnya.”

Madu mengandung gula alami
3. Ingin mengunyah makanan dan minuman yang manis

Tubuh mengirimkan sinyal bahwa kamu membutuhkan glukosa dengan menginginkan makanan dan minuman yang manis. Merasakan keinginan untuk makan manis biasanya disebabkan oleh tingkat stress, depresi atau kelelahan yang menghampiri. Namun, untuk menghindari banyaknya konsumsi asupan gula agar tidak diabetes atau terjadi kenaikan pada berat badan. Kamu bisa mengonsumsi dark chocolate atau madu.

Baca juga: Mengatasi Hipotermia Ala Acen Tri Susanto

Mengunyah es penyebab kekurangan zat besi
4. Keinginan untuk makan atau mengunyah es

Keinginan untuk makan atau mengunyah es dapat terjadi jika tubuhmu mengalami anemia dan kekurangan zat besi. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi daging sapi, telur, atau sayuran berwarna hijau tua.

Susu mengandung Vitamin B
5. Kuku dan rambut menjadi rapuh

Kuku dan rambut yang rapuh menandakan kamu kekurangan vitamin B. Cara mengatasinya, kamu harus rajin mengonsumsi susu, rumput laut dan jamur nori.

Selain tanda-tanda dan cara mengatasi kelelahan tubuh seperti diatas. Untuk membuat badan menjadi tidak lemas dan tetap sehat, rajin-rajinlah berolahraga dan banyak gerak. Pada suatu riwayat Rasulullah pernah mengajak istrinya Aisyah untuk lomba lari dan bermain bersama anak serta cucunya. Rasulullah sering mengadakan lomba lari dengan mereka.

Siti Aisyah berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam, bertanding denganku dan aku memang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam bertanding lagi denganku dan ia menang.” HR. Ahmad dan Abu Daud.(cm)

Comment here