JournalLifestyle

Perhatihan Hal Penting Ini Sebelum Memulai Bersepeda

Sebelum memulai bersepeda

Moslem Journey – Sebelum memulai bersepeda, bagi para pengowes pemula perlu pelajari dan memperhatikan beberapa hal penting sebelum bersepeda. Apalagi kondisinya seperti saat ini, sedang dilanda pandemi virus corona dan memasuki masa kebiasaan baru (new normal).

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pengowes Pemula Sebelum Memulai Bersepeda

1. Jenis Sepeda

Sebelum membeli sepeda, pengowes pemula harus memperhatikan jenis sepeda yang ingin dibelinya. Perhatikan maksud dan tujuan dari menggunakan sepeda, seperti ingin menggunakan sepeda di jalan raya atau pengunungan serta jarak yang ingin ditempuh (jauh/dekat).

Melansir Detik, dr Falla Adinda praktisi kesehatan mengatakan, jenis-jeis sepeda memiliki banyak varian. Misaalya, di wilayah kota banyak orang menggunakan sepeda lipat karena biasanya mereka cederung suka bersenag-senang berekreasional. Selain itu, pengowes pemula juga perlu menyesuaikan budget yang dimiliki saat membeli sepeda.

2. Perhatikan Jarak Tempuh Menggunakan Sepeda

Jarak tempuh seorang pengowes pemula dapat ditempuh dengan jarak yang berebeda-beda, tergantung dengan daya tahan dan stamina yang dimiliki. Seperti yang dirasakan dr Falla, saat baru pertama kali bersepeda, awalnya hanya mampu menempuh jarak tempuh sejauh 16 kilometer.

Beriringan berjalannya waktu, dr. Falla dapat bersepeda sejauh 40-60 kilometer bahkan dapat bersepedah sejauh 100 kilometer. Jadi tidak ada batasan jarak tempuh yang minimal atau maksimal untuk seseroang yang baru pertama kali bersepeda, semua terngantung dari stamina dan daya tahan pegowes pemula tersebut.

3. Lakukan Pemanasan Sebelum Bersepeda

Meskipun bersepeda merupakan salah satu kegiatan rekreasional, melakukan pemanasan atau perengganga sebelum bersepeda merupakan hal yang peting. Sebab, saat bersepada pegowes akan melibatkan banyak otot di tubuh, yakni otot paha, otot kaki, otot punggung, otot bahu otot tangan.

Lakukan beberapa gerakan stretching (peregangan otot) ringan di area tangan dan kaki selama beberapa menit, agar menghindari cedera saat mengowes sepeda. Jangan lupa juga, pegowes juga perlu memperhatikan otot dan tidak memaksakan diri saat mengowes sepeda, berhentilahlah sejenak apabila merasa nyeri.

4. Perhatikan Protokol Kesehatan

Karena masa penyebaran virus corona yang belum usai, pengowes jangan lupa untuk memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak aman (physical distancing) sejauh 1.5 hingga 2 meter dari orang/pegowes lain.

Comment here