ArtikelPilihanTransportasi

Perbedaan Transportasi KRL, MRT, LRT

Moslemjourney.com— Sejak bulan Maret lalu, transportasi umum seperti Mass Rapid Train (MRT) dan Light Rail Train (LRT) akhirnya dibuka untuk publik setelah melewati uji coba yang panjang. Sepertinya pemerintah sedang gencar – gencarnya menggalakkan budaya memakai transportasi umum ya, Sobat Mojou! Tapi apa bedanya ya dengan kedua transportasi umum itu dengan KRL? Ketiganya kan sama-sama kereta. Nah berikut ulasannya!

Baca Juga : Naik MRT di Singapura, Gampang Kok!

  1. Kereta Rel Listrik (KRL)

Transportasi yang berada dibawah naungan PT Kereta Commuter Indonesia ini merupakan transportasi paling tua diantara MRT dan LRT. Kereta Rel Listrik (KRL) mampu menampung penumpang hingga 1 juta per harinya, Selain itu, transportas ini tidak hanya melayani perjalanan di kota Jakarta saja, namun Jabodetabek, Banten dan Cikarang dengan  total 79 stasiun. Kereta Rel Listrik beroperasi di atas tanah dan jalan layang. 

  1. Mass Rapid Train (MRT)

Mass Rapid Train atau lebih dikenal dengan istilah Indonesianya yakni Moda Raya Terpadu ini mulai dibangun dari 10 Oktober 2014 sampai akhirnya diresmikan pada 24 Maret 2019 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Berada tepat di jantung kota membuat Mass Rapid Train disukai oleh masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi karena mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dengan transit stasiun yang saling berdekatan. Transportasi yang melayani 13 stasiun ini beroperasi di bawah tanah dan jalan layang. 

  1. Light Rail Train (LRT)

Sobat Mojou yang tinggal daerah sekitaran Rawamangun hingga Gading bisa mencoba transportasi yang satu ini nih. Atau jika sedang berkendara di kedua arah ini dan melihat tiang – tiang semen di sepanjang jalan, yang kamu lihat adalah lintasan untuk transportasi LRT ini. Berbeda dengan KRL dan MRT, Light Rail Train atau singkatnya LRT untuk saat ini hanya melayani 5 stasiun saja yaitu Stasiun Velodrome, Stasiun Equestrian, Stasiun Pulomas, Stasiun Boulevard Selatan dan Stasiun Boulevard Utara yang berada tepat di depan Mall Kelapa Gading. Yang suka belanja ke mall bakal sering nih naik transportasi ini! (ans)

Baca Juga : 4 Transportasi Umum Yang Akan Kamu Temui Jepang

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Comment here