BeritaNasional

Penuhi Aturan Ini, Sebelum Membeli Tiket Pesawat Saat Tatanan Hidup Baru

Sebelum Membeli Tiket

Moslem Journey – Membeli tiket pesawat saat bersiap menghadapi tatanan hidup baru (new normal), terdapat perbedaan aturan yang harus dipenuhi sebelum membeli tiket.

Aturan atau syarat-syarat tersebut tercantum dalam Surat Edaran No. 7 Tahun 2020. Untuk dapat memebeli tiket dan dapat terbang menggunakan pesawat selama new normal, berikut ini aturan dan syarat sebelum membeli tiket pesawat.

  1. Menujukkan identitas diri sah (KTP atau tanda pengenal lainnya)
  2. Menunjukkan surat keterangan uji (Polymerase Chain Reaction) PCR Test dengan hasil negatif (berlaku 7 hari) atau surat uji Rapid Test dengan hasil non reaktif (berlaku selama 3 hari) saa keberangkatan.
  3. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala virus corona, seperti influensa yang dikeluarkan dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR atau Rapid Tes.
  4. Persyaratan di atas, tidak berlaku untuk calon penumpang yang melakukan perjalanan komuter dan perjalanan dalam wilayah/kawasan aglomerasi.
  5. Meng-install dan mengaktifkan aplikas “Peduli Lindungi” pada perangkat smartphone.

Bagi calon penumpang pesawat yang berasal dari luar negeri, berikut ini ketentuannya untuk melakukan perjalanan ke Indonesia.

  1. Bagi penumpang yang datang dari luar negeri harus melakukan PCR Test pada saat tiba di bandara tujuan, apabila belum melaksanakan dan tidak dapat menunjukkan surat hasil PCR Test dari negara keberangkatan.
  2. Pemeriksaan PCR Test dilakukan oleh penumpang luar negeri tidak berlaku pada penumpang luar negeri yang masuk melalui PLBN (Pos Lintas Batas Negara).
  3. Penumpang dari luar negeri diharuskan untuk melakukan Rapid Test dan menunjukkan surat keterangan bebas dari gejala virus corona dari dokter Rumah Sakit/Puskesmas.
  4. Persyaratan di atas, tidak berlaku untuk penumpang luar negeri yang melakukan perjalanan komuter melalui PLBN dengan menunjukkan surat bebas dari gejala virus corona.
  5. Selama menunggu hasil pemeriksaan PCR Test, penumpang luar negeri yag masuk ke Indonesia wajib melakukan karantina d tempat khusus yang sudah disediakan pemerintah.
  6. Mendatangi atau Memanfaatkan tempat karantina yang disediakan pemerintah yang telah mendapatkan sertifikasi penyelenggaraan akodomasi karantina virus corona dari Kementerian Kesehatan.\
  7. Meng-install dan mengaktifkan aplikas “Peduli Lindungi” pada perangkat smartphone.

Comment here