Tahukah Kamu

Pengertian Visa dan Jenisnya

Ilusatrasi Visa Kunjungan - Moslem Journey

Moslemjourney.com – Selain paspor, tentu Sobat Mojou tahu dokumen yang satu ini. Karena dokumen penting ini juga menjadi salah satu dokumen yang wajib dibawa saat berada di luar negeri. Walau memang beberapa negara sudah menetapkan “bebas visa” untuk beberapa negara lain.

Nah, visa ini juga terbagi menjadi beberapa jenis. untuk lihat lebih lengkapnya, yuk baca artikel ini.

Pengertian Visa

Jadi, visa adalah suatu dokumen yang menjadi alat bukti diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara. Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon.

Jenis-Jenis Visa

Visa digolongkan berdasarkan kebutuhan dan waktu. Berikut ini adalah jenis jenis visa.

1. Bebas Visa

Negara negara berikut ini tidak mensyaratkan adanya dokumen ini ketika berkunjung ke suatu negara yang bebas visa. Sobat Mojou hanya perlu membawa paspor dan identitas diri lain ketika menuju kesana. Namun tak menutup kemungkinan begara tujuan meminta dokumen tambahan seperti menunjukan tiket pulang pergi.

2. eVisa

eVisa merupakan visa jenis elektronik dibuat dengan cara online dengan hasil akhir berupa soft file yang dikirim via email. Pemohon hanya cukup memasukkan data diri yang diminta, kemudian melakukan pembayaran pada saat itu juga melalui kartu kredit.

3. Visa On Arrival

Kalau biasanya visa diurus sebelum kita mendatangi negara tujuan, jenis visa yang satu ini memungkinkan Sobat Mojou untuk mengurus visa setelah tiba di negara tujuan. Jadi Sobat Mojou tidak perlu bolak balik ke kedubes tujuan yang berlokasi di negara asal kamu.

4. Visa Sebelum Kedatangan

Negara negara berikut adalah mereka yang menerapkan peraturan bahwa visa harus didapat sebelum memasuki negara tujuan. Untuk mendapatkan dokumen ini, pemohon bisa mendatangi kedubes negara tujuan, travel agent atau badan yang ditunjuk oleh negara yang bersangkutan tersebut.

Selain itu, masih ada banyak jenis jenis visa yang dikeluarkan oleh suatu negara. Beberapa jenis yang umumnya diajukan oleh para pemohon dokumen imigrasi ini adalah:

  • Kunjungan Keluarga Sementara
  • Kunjungan Teman
  • Kunjungan Wisata (dengan biaya sendiri/sponsor)
  • Kunjungan Bisnis
  • Kunjungan Berkali kali (bisnis/wisata)
  • Khusus (untuk keperluan belajar/pelatihan/bekerja/dan sebagainya)
  • Transit
  • Diplomatik/Dinas (tugas negara)
*artikel ini bersumber dari indonesia.go.id

RDA

Comment here