BeritaNasional

Pemprov DKI Jakarta Berencana Membangun Masjid Apung Dan Museum Sejarah Rasul Di Ancol

Pemprov

Moslem Journey – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun Museum Sejarah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam dan peradaban Islam lainnya di lahan reklamasi perluasan kawasan Ancol. Selai itu, di atas lahan tersebut Pemprov juga akan membangun masjid apung dan tempat bermain anak.

Dilansir dari CNN Indonesia, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan berkomitmen untuk memanfaatkan tanah hasil perluasan lahan reklamasi Ancol akan transparan dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Pemprov berkomitmen untuk memanfaatkan hasil perluasan secara transparan dan mengutamakan kepentingan publik, seperti pembangunan tempat main anak, museum internasional sejarah rasul SAW dan peradaban islam di kawasan Ancol tersebut,” kata Saefullah saat jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Jumat (3/7).

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta yang dikeluarkan pada 24 Februari 2020, perluasan lahan tersebut akan mencapai 155 hektare. Sejak tahun 2009 hingga kini, perluasan tersebut sudah mencapai 20 hektare tanah yang berasal dari pengerukan 13 sungai dan 5 waduk.

Saefullah megatakan, karena tanah/lahan di reklamasi perluasan lahan Ancol Timur sudah dikumpulkan dan timbul sejak tahun 2009 lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana utuk memanfaatkan lahan tersebut. Selain itu, pihaknya juga mendapatkan Hak Pengelolaan Lahan yang tergabung dengan kawasan Ancol Timur.

Pihaknya juga sudah mempersiapkan Keputusan Gubernur (Kepgub) untuk mendapatkan sertifikat atas lahan baru perluasan lahan Ancol Timur dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) supaya dapat memanfaatkan lahan perluasan tersebut secara legal.

Namun, perizinan yang dikeluarkan Gubernur tersebut mendapatkan kritik dari sejumlah pihak, salah satunya ialah Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA). Sekretaris Jenderal KIARA Susan Herawati mengatakan, izin reklamasi perluasan kawasan Dufan dan Taman Impian Ancol Timur merupakan ironi kebijakan Gubernur.

“Izin perluasan reklamasi untuk kawasan rekreasi di Pantai Ancol seluas 155 hektare merupakan ironi kebijakan Gubernur DKI Jakarta yang pernah berjanji akan menghentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta, tetapi faktanya malah memberikan izin,” kata Susan yang dikutip dari CNN Indonesia.

Comment here