BeritaNasional

Pemeritah Lakukan Penyekatan Jalan Jabodetabek

Kemenhub

Moslem Journey – Pemerintah melakukan pembatasan atau penyekatan jalan guna mencegah masuknya kendaraan/masyarakat luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masuk ke wilayah tersebut.

Dilansir dari Kompas, Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Edi Nursalam mengatakan, penyekatan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 25 Tahun 2020.

Berdasarkan Peraturan Menteri tersebut yag berlaku hingga 31 Mei 2020, masyarakat tidak diperbolehkan untuk keluar atau masuk wilayah zona merah penyebaran virus corona.

Edi menjelaskan, dalam peyekatan tersebut masyarakat yang akan datang memasuki wilayah Jabodetabek diwajibkan untuk memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) DKI Jakarta.

Meskipun SIKM hanya diwajibkan untuk memasuki wilayah Jakarta, namun pihak berwenang juga akan mulai menanyakan SIKM tersebut di titik penyekatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebutkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya sudah melakukan menyekat jalan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta sejak 25 Mei lalu.

Penyekatan ini dilakukan di 11 titik perbatasan Jakarta dengan Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan dan menyebarkan 550 personelnya untuk mengawasi pergerakan kendaraan/masyakarat yang akan kembali ke Jakarta di 11 titik tersebut.

Berikut 11 titik penyekatan jalan di Jabodetabek:

Kabupaten Tangerang:

  1. Jalan Syekh Nawawi.
  2. Gerbang Tol Cikupa.
  3. Jalan Raya Serang.
  4. Jalan Raya Maja.

Kabupaten Bogor:

  1. Jalan Jasinga.
  2. Jalan Ciawi-Cianjur.
  3. Jalan Ciawi-Sukabumi.
  4. Jalan Raya Tanjung Sari.

Kabupaten Bekasi:

  1. Jalan Raya Pantura (Kedung Waringin).
  2. Jalan Inspeksi Kalimalang.
  3. Ruas Tol Cikarang Km 47 arah Jakarta.

Selain penyekatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan pengamanan dan pengetatan penjagaan masyarakat untuk mengantisipasi masuk ke Jakarta di jalur-jalur tikus.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran Polres yang terkait untuk melakukan penyekatan di jalur-jalur tikus.

Menurut Sambodo, pengamanan dan pemeriksaan masyarakat di jalan-jalan tikus akan dilakukan oleh Polres yang di bantu dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta.

Comment here