BeritaNasionalPilihan

Pemerintah Imbau Untuk Hemat Air

Moslemjourney.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tasiun klimatologi kelas II Tangerang Selatan, Banten, melakukan pernyataan dini yang menyatakan terjadinya kekeringan meteorologis di daerah DKI Jakarta dan Banten sekitarnya. 

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan, Sukasno jika melihat dari analisis dan pembahasan BMKG, berdasarkan data dari HTH hingga 20 Agustus kemarin, menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Banten dan DKI Jakarta mengalami deret hari kering lebih dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari. 

Beberapa daerah diperkirakan akan mengalami curah hujan sangat rendah, yaitu kurang dari 20mm/dasarian dengan peluang hingga lebih dari 90 persen. “Berdasarkan pengamatan itulah, sangat memenuhi syarat untuk mengeluarkan pernyataan kekeringan dini.” ucapnya. 

Musim kemarau panjang ini akan terus berlangsung sampai dengan akhir bulan September 2019. Masyarakat dari DKI Jakarta dan Banten dihimbau untuk waspada terhadap bencana kekeringan ini karena sebagian dari dua wilayah itu sudah melewati hari tanpa hujan. Mulai 21 hari hingga 60 hari.

Baca Juga : Isi Ulang Air Sambil Travelling? Bisa Dong!

Dampak yang akan mengancam masyarakat adalah sektor pertanian yang memiliki sistem tadah hujan. Sistem tadah hujan sendiri berarti benar-benar mengandalkan curah hujan pada pertaniannya. Hal ini juga berdampak pada masyakat yang juga menggunakan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu perlu diwaspadai karena dengan munculnya kekeringan ini juga akan semakin memperparah polusi udara di Jakarta. 

Merespon pemberitaan ini, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta menyatakan telah menyiapkan beberapa solusi. Salah satunya adalah mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub). Namun belum ada penjelasan apapun terkait Ingub ini karena masih disusun. “Nanti kalau Ingubnya selesai kami akan umumkan terkait dengan langkah-langkah yang akan dilakukan Pemprov untuk mengantisipasi kemarau panjang di wilayah Jakarta,” ucapnya.

Baca Juga : 6 Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Gunung

Selanjutnya, Anies juga meminta masyarakat DKI Jakarta untuk menghemat pemakaian air. Kita juga dihimbau untuk memanfaatkan saluran – saluran yang digunakan sebagai pengelolaan air. “Selanjutnya  adalah gunakan saluran-saluran untuk mengolah air sehingga dapat digunakan dengan baik sehingga air itu bisa dipakai kembali. Apapun kegiatan harus bisa menghemat pengeluaran air.” ujar Anies. (ans)

Comment here