ArtikelJournalTips

Pembatalan Dan Cara Merubah Data Diri Paspor

moslemjourney.com – Bagi sobat yang suka travelling ke luar negeri, pasti sudah tidak asing lagi dengan paspor. Karena paspor merupakan dokumen identitas diri yang penting dimiliki saat mengunjungi luar negeri. Tapi tahukah sobat Mojou, khusus untuk paspor biasa (non elektronik) bisa dibatalkan secara paksa oleh pihak berwenang (imigrasi) Indonesia.

Berbeda dangan e-paspor yang sudah bisa dikatakan data yang dimiliki kelengkapan data dan sulit untuk dipasulkan. Paspor biasa, sangat rentang dengan hal-hal yang tidak diinginkan oleh pihak imigrasi Indonesia kepada oknum yang tidak bertanggung jawab. Berikut hal-hal pembataln paspor biasa yang perlu sobat Mojou ketahui.

Pembatalan Paspor Biasa Dapat Dilakukan Dalam Hal:
  1. Paspor dibuat di tempat yang tidak sah atau tidak di kantor imigrasi
  2. Pemilik paspor memberikan data palsu atau tidak benar
  3. Pemilik paspor meninggal dunia pada saat penerbitan paspor
  4. Pemilik pasor tidak mengambil paspor saat diterbikan sejak 1 bulan lamanya
  5. Paspor mengalami kesalahan dan kerusakan oleh petugas saat proses penerbitan

Kemudian, bagi sobat Mojou yang memiliki paspor, jangan memberikan paspor tersebut kepada orang lain untuk digunakan ke luar negeri. Karena terdapat nomor induk keimigrasian yang terkoordinasi secara online di seluruh Indonesia. Artinya, setiap orang hanya diizinkan memiliki satu nomor induk keimigrasian atau hanya bisa memiliki satu paspor.

Baca juga: Kelebihan E-Paspor Dibandingkan Paspor Non Elektronik Biasa

Prosedur Perubahan Data Diri Paspor

Setelah mengetahui hal-hal yang membuat paspor batal atau tidak diterima oleh pihak berwenang (imigrasi) Indonesia. Bagi sobat Mojou yang mengetahui, kalau paspor  biasa (non elektronik) yang dimiliki terdapat data yang salah, seharusnya sobat Mojou cepat-cepat untuk membetulkan data tersebut. Supaya, saat sobat Mojou ingin menggunakan paspor tersebut, tidak membuat sobat Mojou harus berususan dengan pihak imigrasi hingga paspor yang dimiliki dianggap tidak benar.

Menurut Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumhan), dalam Peraturan Menteri Hukum dan Ham (Permenkumham) nomor 8 tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor. Pada pasal 24, telah di atur soal prosedur perubahan data di paspor biasa. Sehingga pemegang paspor dapat merubah data diri, berupa perubahan dana atau alamat.

Bagi sobat Mojou yang ingin merubah data tersebut, dapat mengajukan permohonan perubahan data paspor biasa kepada Kepala Kantor Imigrasi atau penjabat Imigrasi yang terdapat di daerah sobat Mojou. Berikut dokumen yang perlu disiapkan dan prosedur pengurusan perubahan data tersebut.

Dokumen yang Diperlukan dalam Perubahan Data Paspor
  1. KTP/E-KTP asli dan fotokopi;
  2. Kartu keluarga asi dan fotokopi;
  3. Akte kelahiran/Ijazah asli dan fotokopi;
  4. Paspor asli dan fotokopi;
  5. Formulir perubahan data dari kantor imigrasi.

Baca juga: Kehilangan Paspor di Luar Negeri? Begini Solusinya

Prosedur Perubahan Data Paspor
  1. Mengajukan permohonan perubahan data diri ke kantor Imigrasi terdekat;
  2. Setelah membuat persetujuan permohonan perubahan data diri, tunggu persetujuan dari Kepala Kantor Imigrasi atau Penjabat Imigrasi;
  3. Jika sudah dapat persetujuan, pencetakan perubahan data siap pada halaman pengesahan. (IF)

 


Comment here