ArtikelBeritaPilihan

Padam Listrik Google Maps Munculkan Notifikasi SOS

MoslemJourney – Minggu, (4/8) Sebagian wilayah di pulau jawa mengalami pemadaman listrik, hal ini memunculkan notifikasi di google maps.  Aplikasi peta itu memperilihatkan  informasi lokasi yang berbeda dari biasanya. Hal ini terbukti ketika dampak mati listik memadamkan sebagian wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

“Perusahaan Listrik Negara Indonesia PLN hari Minggu mengasumsikan jika dibutuhkan waktu beberapa jam untuk memulihkan aliran listrik ke Jakarta usai pemadaman besar,” ujar keterangan yang tertulis di Google Maps, dikutip dari Reuters.

Baca Juga : Kementrian Perhubungan Kembali Menyinggung Aturan Ganjil Genap

Ada hal yang menarik dari tombol yang dimunculkan di google maps. Karena, untuk memperoleh informasi terkini terkait pemadaman listrik. Para penikmat maps tinggal meng-klik, tombol berlabel “See latest updates”. Lalu aplikasi tersebut akan mengarahkan hasil pencarian Google seputar mati listrik di pulau Jawa.

Senin (5/8), informasi soal pemadaman listrik dimunculkan di Google Maps baik versi desktop maupun mobile.  Selain itu, search engine Google sendiri di alamat Google.com bakal ikut menampilkan keterangan dari Maps jika pengguna memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan pemadaman listrik misalnya “mati lampu”, ” listrik padam”, atau “pemadaman listrik”. Dikutip kompas.com

Para pengguna juga bisa membagikan informasi hasil pencarian tersebut ke media sosial. Google sendiri melabeli kejadian mati listrik di Pulau Jawa ini sebagai “peringatan SOS” keadaan darurat yang dikarenakan manusia atau alam.

Peringatan SOS ini dapat diketahui dari beberapa faktor, contohnya konektivitas internet di area yang terkena dampak, skala krisis, serta dampak yang didapatkan.

Wilayah Jakarta dan Jawa Barat dan sebagian wilayah Banten merasakan pemadaman listrik yang disebabkan  adanya gangguan di SUTET 500 kV Ungaran-Pemalang pada Minggu, (4/8) siang kemarin. Di saat  yang bersamaan, listrik di daerah Jawa Tengah, Bali dan Jawa Timur tetap berjalan normal. Selanjutnya, pukul 11.48 WIB daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta padam secara serentak.

MoslemJourney



Comment here