BeritaInternasional

Organisasi Pariwisata Dunia Luncurkan Inisiatif Baru Pariwisata Untuk Menghadapi New Normal

Organisasi Pariwisata Dunia

Moslem Journey – Organisasi Pariwisata Dunia World Travel & Tourism Council (WTTC) membuat inisiatif baru utuk menghadapi era New Normal, salah satu inisiatifnya yaitu stempel kebersihan.

WTTC meluncurkan stempel kebersihan (hygiene stamp) untuk memberikan rasa aman kepada para konsumen dan meperepat era new normal di industri pariwisata.

Inisiatif ini didesain khusus untuk para traveler, terakait standar kebersihan destinasi dan negara yang telah menerapkan protokol keamanan di era penyebaran virus corona.

Dengan adanya stempel ini para traveler dapat memberikan bukti bebas dan rasa aman dari paparan virus corona di/dari negara tersebut.

Nantinya, sejumlah sektor pariwisata seperti  hotel, restoran, maskapai, cruise, operator tur, pusat perbelanjaan dan bandara bisa melakukan verifikasi untuk mendapat stempel tersebut.

Hanya saja di beberapa sektor tersebut yang disebutkan, inisiatif ini masih harus menunggu karena dalam tahap pembahasan resmi dari protokol WTTC.

Menurut laporan WTTC, inisiatif stempel kesehatan ini telah didukung oleh sekitar 200 Chief Executive Officer (CEO). Termasuk para grup parawisata global hingga politisi di seluruh dunia.

Menyambut hak ini, CEO dan President WTTC, Gloria Guevara menyatakan, kebahagiannya untuk membantu sektor industri pariwisata dunia yang sedang berada di masa sulit seperti ini.

Gloria merasa, dengan inisiatif stempel kebersihan ini dapat mampu mempercepat kebagkitan parisiwata dunia. Selain itu, stempel kebersihan ini juga dirangcang untuk meningkatkan rasa percaya diri para stakeholder terkait.

Dengan stempel ini, para traveler dapat menandai bisnis dan industri pariwisata di seluruh dunia yag telah menggunakan protokol new normal global. 

Sehingga tempat bisnis dan idustri tersebut dapat menjanjikan para traveler untuk mendapatkan pengalaman traveling dengan rasa aman dan bebas dari virus corona di tengah-tengah penyebarannya.

Dalam inisiatif stempel kebersihan, WTTC mendapatkan dukungan dari organisasi pariwisata dunia lain yakni UN World Tourism Organization (UNWTO)Menurut Sekretariat Jenderal (Sekjen) UNWTO Zurab Pololikashvili, sangat menyambut protokol ini karena dapat membantu mengembalikan rasa percaya diri pasar.

“Kami menyambut protokol global stempel keamanan dan protokol perjalanan WTTC serta kontribusinya untuk membantu mengembalikan rasa percaya diri pasar. Ini adalah kunci untuk membangun kepercayaan dan kita akan sukses apabila bekerjasama bersama,” ujar Zurab.

Semangat itu pun selaras dengan pembicaraan yang diusung oleh para pemimpin dunia dalam forum global G20 beberapa waktu yag lalu, yang dimana Indonesia juga turut serta dalam forum tersebut,

“Sebagai kepala G20 Tourism track tahun ini, kami membangun kerjasama publik-private sebagai pusat upaya internasional untuk pemulihan. Protokol keamanan global baru WTTC merupakan langkah esensial untuk menuju pemulihan, yakni dengan menghadirkan konsistensi dan keyakinana bagi para traveler,” ujar Menteri Pariwisata Arab Saudi, Ahmed Al-Khateeb.

Comment here