BeritaInternasional

Norwegia Melakukan Uji Coba Pesawat Listrik

Moslemjourney.com— Ketika ingin travelling, berkendara dengan pesawat adalah opsi yang paling sering dipilih para traveler untuk berpindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Namun, berkendara menggunakan pesawat ternyata dapat menyumbangkan polusi udara juga. Menurut laporan PBB untuk bidang pariwisata ( UNWTO ) , sektor pariwisata telah menyumbang CO2 yang mana adalah transportasi udara dengan posisi tertinggi dengan persentase mencapai 54 – 75 persen dibanding transportasi lain. Norwegia adalah salah satu negara yang menyadari berbahayanya dampak itu bagi bumi.

Tahun lalu tepatnya pada bulan Juli 2018, Menteri Transportasi, Ketil Olvik – Olsen dan kepala perusahaan bandara Avinor, Dag Falk – Petersen mencoba pesawat tenaga listrik untuk pertama kalinya. Pesawat yang dibuat  oleh perusahaan pesawat asal Slovenia, Pipistrel ini dinamakan Alpha Electro G2. Berada di kursi kemudi, Dag Falk – Petersen mengendarai pesawat terbang itu selama beberapa menit di atas Oslo. 

 

Baca Juga : 5 Pesawat Komersial Tercepat di Dunia

 

Rencananya, pada tahun 2040 Norwegia akan memberlakukan pesawat tenaga listrik untuk seluruh perjalanan domestik. Wilayah ini dianggap cocok sebagai tempat eksperimen bagi pesawat ini karena jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lainnya sangat dekat. “Norwegia memiliki banyak wilayah dengan pengunungan juga pulau lepas pantai. Maka dari itulah waktu perjalanan hanya memakan waktu 15 sampai 30 menit.” ujar Dag Falk – Petersen. 

Selain pesawat 2 kursi yang dikendarai  Ketil Olvik – Olsen dan Dag Falk – Petersen, Norwegia juga ingin membuat pesawat listrik dengan kursi penumpang sebanyak 25 sampai 30 yang rencananya akan diperkenalkan pada publik di awal tahun 2025. Dag Falk – Petersen percaya jika pesawat – pesawat ini dapat terbang dengan tenaga listrik. 

Perusahaan asal Sloveni, Pipistrel ini juga mengembangkan sendiri pesawatnya. Taja Boscarol selaku juru bicara mengatakan sedang membangun pesawat dengan 4 kursi penumpang, Taurus G4. Ini adalah pesawat 4 kursi dengan tenaga listrik pertama di dunia. “Pesawat ini menggunakan tenaga hidrogen. Kami juga mengembangkan mesin hybrid untuk pesawat ini.” katanya. “Seluruh mesinnya sudah berfungsi secara maksimal. Sesuai rencana, tahun ini pesawat ini bisa lepas landas.” (ans)

 

Baca Juga : Terbang Ke AS Hanya 8 Jam Dengan Pesawat Kelas Bisnis? Begini Sebenarnya Kelebihan Pesawat Kelas Bisnis

Comment here