ArtikelBeritaPilihan

Nasib Provinsi Jawa Barat Jika Bogor Melepaskan Diri

Akhir-akhir ini dihebohkan dengan Kabupaten Bogor yang ingin memisahkan diri dari provinsi Jawa Barat untuk membentuk Provinsi Bogor Raya. Namun wacana tersebut menuai beberapa pro dan kontra, ada yang mendukung ada pula yang menyarankan untuk bergabung dengan DKI Jakarta.

Landasan hukum terbaru untuk pemekaran daerah di Indonesia adalah UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Rencananya Provinsi Bogor Raya akan menggandeng delapan daerah yang berada di sekitar Kota Bogor, yaitu Kota Bogor nya sendiri, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Namun pejabat Pemkot Bekasi dan Pemkab Bogor mengatakan bahwa mereka lebih senang dan lebih bermanfaat jika begabung dengan Provinsi DKI Jakarta begitu pun yang diucapkan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris. Pasalnya masyarakat atau warga yang tinggal di daerah seperti Depok dan Bekasi kebanyakan memiliki pekerjaan atau mata pencaharian di Kota Jakarta sehingga mereka lebih senang jika bergabung dengan Provinsi DKI Jakarta.

Lalu jika Bogor Raya membentuk Provinsi bagaimana nasib Provinsi Jawa Barat  ? Tentunya wilayah Jawa Barat akan berkurang termasuk pendapatan Provinsi Jawa Barat pun akan berkurang. Provinsi Jawa Barat sendiri saat ini memiliki 18 Kabupaten dan 9 Kota. Bogor bukan satu-satunya daerah yang ingin melakukan pemekaran menjadi provinsi, sebelumnya ada Kabupaten Banten yang berhasil melepaskan diri dari Provinsi Jawa Barat dan membentuk Kabupaten Banten, dimana Kota Serang merupakan ibukota Banten. Lalu ada Kabupaten Cirebon yang melakukan pemekaran untuk menjadikan Kabupaten Cirebon sebagai provinsi dengan menggandeng daerah CiAyuMajaKuning yang meliputi kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Namun wacana tersebut belum diputuskan sehingga sampai saat ini Cirebon masih bergabung dengan Provinsi Jawa Barat.

Belum ada keputusan lebih lanjut tentang Provinsi Bogor Raya, namun beberapa pihak sudah melakukan kajian akademis guna membahas Provinsi Bogor Raya. Kita tunggu saja bagaimana keputusan lanjutan Pemkot Bogor terhadap Wacana Provinsi Bogor Raya, apakah Bogor akan berhasil melepaskan diri dari Provinsi Jawa Barat seperti Provinsi Banten atau akan tetap bergabung dengan Provinsi Jawa Barat seperti Kabupaten Cirebon. (ms)



Comment here